KPU Resmi Tetapkan Hasto-Tedjo Pemenang Pilkada

logo-kpuKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo resmi menetapkan pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo (Sehat) sebagai pemenang Pilkada 2011, Rabu (22/6). Penetapan pasangan Sehat sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih itu dilakukan setelah rapat pleno rekapitulasi hasil penghituangan perolehan suara dari seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kulonprogo, Siti Ghoniyatun mengatakan, berdasarkan rekapitulasi penghitungan manual itu, ada sedikit perbedaan dengan hasil penghitungan quick count. Namun yang akan digunakan sebagai dasar penetapan pasangan calon terpilih yakni hasil rekapitulasi secara manual. Sebab, dilakukannya penghitungan quick count hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu masyarakat dan tidak berkekuatan hukum.

“Hasil rekapitulasi untuk Pilkada 2011 kami tetapkan pasangan dr H Hasto Wardoyo SpOG (K) dengan Drs H Sutedjo sebagai pasangan calon terpilih dalam Pilkada Kulonprogo 2011,” katanya.

Berdasarkan rekapitulasi manual, perolehan suara terbanyak memang tetap diraih pasangan Sehat (Hasto Wardoyo-Sutedjo) sebanyak 46,30 persen (105.965 suara). Disusul pasangan Noto (Mulyono-Ahmad Sumiyanto) 29,33 persen (67.125 suara), pasangan Prakoso (Suprapta-Soim) 18,58 persen (42.516 suara), dan terakhir pasangan Sartika (Sarwidi-Hartikah) 5,80 persen (13.272 suara).

Sedangkan berdasarkan hasil quick count lalu, pasangan Sehat meraih 46,23 % (105.781 suara). Diikuti pasangan Noto 29,34% (67.143), pasangan Prakoso (Suprapta-Soim) 18,62 % (42.608), dan terakhir pasangan Sartika (Sarwidi-Hartikah) 5,80 % (13.277 suara).

“Berdasarkan rekapitulasi manual, partisipasi pemilih menggunakan hak pilihnya sebesar 70 persen, dan yang tidak menggunakan hak pilih 30 persen. Sedangkan partisipasi perempuan 53 persen dan laki-laki 47 persen,” katanya.

Menurut Siti, setelah penetapan pasangan calon terpilih itu, pasangan calon lainnya diberi waktu tiga hari jika akan mengajukan keberatan atau gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Jika setelah tiga hari tidak ada keberatan maka berita acara rekapitulasi penetapan pasangan calon terpilih akan disampaikan ke DPRD Kulonprogo untuk ditindaklanjuti.

“Setelah itu dikirimkan ke gubernur dan menteri dalam negeri untuk disyahkan. Sesuai jadwal, pelantikan akan dilakukan 24 Agustus tepat dengan berakhirnya masa jabatan Pak Bupati Toyo S Dipo dan Wabup Pak Mulyono. Itu Menjadi domain DPRD Kulonprogo,” jelasnya.

Terkait dana kampanye, Siti mengatakan, hingga siang ini belum ada tim pasangan calon  yang menyampaikan laporan akhir penerimaan dan penggunaan dana kampanye Pilkadanya. Padahal, sesuai Peraturan KPU dan peraturan perundang-undangan, batas waktu terakhirnya tiga hari sejak pemungutan suara atau Rabu (22/6).

“Kami sudah berkoordinasi dengan KAI (konsultan auditor independen) masing-masing, kami masih menunggu dan berharap tim pasangan calon segera menyampaikan laporan akhir dana kampanyenya,” ujarnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo, Puja Rasa Satuhu mengatakan, laporan akhir dana kampanye akan dievaluasisi berdasarkan aturan undang-undang. Diantaranya terkait batasan pemberian sumbangan dari perseorangan. Selain itu, sumbangan tidak diperkenankan tanpa identitas serta berasal dari negara asing, dari BUMN, maupun BUMD.

“Jika terjadi itu harus dikembalikan ke kas daerah oleh tim kampanyenya. Kalau dalam proses di pengadilan terbukti menerima dana asing, BUMN atau BUMD serta tidak dikembalikan ke kas daerah, maka bisa berakibat pembatalan pasangan calon,” jelasnya.

Terkait perbedaan hasil rekapitulasi manual dengan quick count, kata Puja, terjadi karena adanya kekeliruan proses penjumlahan dalam formulir C1 IT yang digunakan untuk quick count. Namun itu tidak berdampak secara hukum.

“Panwaslu mendapat berita acara C1 langsung dari TPS-TPS, kemudian dibawa ke Panwascam untuk dilakukan pengecekan. Memang ada kesalahan dalam proses penjumlahan, ketika sudah dibetulkan jumlahnya hampir seperti hasil rekap manual ini,” tandasnya. (sumber: suara merdeka)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.