KPU: Putusan MK Sebelum 7 September

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menargetkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua periode 2012 – 2017 tahun ini harus dilaksanakan. Namun untuk mempercepat Pemilihan Gubernur Papua masih menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).
Menurut Anggota KPU Pusat Korwil Papua Arief Budiman, SS.Sip, MK saat ini sedang mempercepat proses putusan atas gugatan undang – undang Nomor 8. “Supaya tidak merepotkan banyak pihak kemungkinan sebaiknya Pilkada Papua dituntaskan tahun ini, dan kemungkinan MK memutuskan sebelum tanggal 7 September,”ungkapnya.kepada wartawan disela-sela menghadiri sosialisasi Peraturan Nomor 7 Tahun 2012 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPR Provinsi tahun 2012 dan Peraturan KPU Nomor 8 tentang pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilihan umum anggota DPR, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang dihadiri KPU Kabupaten/Kota se-Papua, Rabu (29/8) di Hotel Relat Jayapura. KPU berharap Pilkada Papua dapat diselesaikan tahun ini juga. Karena target KPU sebelum akhir tahun ini sudah harus ada Gubernur defenitif.
Semua orang berharap pemilihan Gubernur dipercepat, bahkan ada orang meminta kepada dirinya supaya melaksanakan Pilkada Papua dalam satu atau dua bulan kedepan. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan, karena masih menunggu keputusan dari MK. Setelah ada putusan dari MK, KPU akan menghitung apa yang harus dilakukan pasca ada putusan dari MK misalnya kesiapan anggaran.
Hal ini dikarenakan masalah anggaran sekarang tidak ada di tangan KPU. Tetapi berada di pemerintah daerah. Selain itu KPU terlebih dahulu harus merancang apa yang menjadi dan harus dilakukan.
Menjadi persoalan juga adalah masalah personil. Karena yang akan menjadi penyelenggara Pilkada bukan hanya KPU Provinsi tetapi KPU Kabupaten/Kota, PPD dan PPS juga harus terlibat.
“Jika personilnya sudah tidak ada, maka KPU harus mengangkat mereka, nah untuk mengangkat mereka ada mekanismenya. Hal tersebut membutuhkan waktu, jadi semakin cepat MK memutuskan, semakin cepat KPU dapat mengambil usikap untuk kemudian waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama,” jelas Anggota KPU Pusat Korwil Papua Arief Budiman, SS.Sip. yang didampingi Ketua KPU Papua, Benny Swenny.
Setidaknya pasca putusan dari MK, KPU membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk pelaksanaan proses Pilgub. Jadi KPU menargetkan dalam tahun ini Pilgub Papua sudah harus selesai.
Sehingga pada Tahun 2013, KPU dapat konsentrasi untuk Pemilu nasional. “Apapun hasil dari keputusan MK akan kita jalankan. Saya sudah perintahkan kepada KPU Papua supaya tidak ada lagi konflik,” tandasnya. (sumber: http://bintangpapua.com)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.