KPU Papua Segera Bentuk Dewan Kehormatan

logo-kpuKomisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua segera membentuk Dewan Kehormatan guna memeriksa Ketua KPU Kota Jayapura Prof Dr La Pona terkait dugaan keterlibatannya menjadi tim sukses.

“Pembentukan Dewan Kehormatan KPU itu sesuai dengan surat rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat Nomor 229/Bawaslu/V/2011 yang ditujukan kepada KPU Papua perihal pembentukan dewan kehormatan untuk memeriksa ketua KPU kota itu,” kata Ketua KPU Papua Benny Sweny di Jayapura, Kamis (5/4) seperti dikutip Antara.

Menurut dia, surat rekomendasi dari Bawaslu mengenai pembentukan dewan kehormatan nantinya akan dibahas dalam rapat pleno KPU Papua. Setelah itu baru akan diambil keputusan.

“Kami sudah menerima surat rekomendasi itu, bahkan surat tersebut sudah di registrasi di KPU Papua. Namun, saat ini masih pada tingkat rekomendasi, ya nantinya akan dibahas dalam rapat pleno minggu ini. Setelah itu baru tahu apa tindakan yang diambil,” paparnya.

Mengenai siapa yang nantinya akan duduk di dalam kursi Dewan Kehormatan Papua, ujarnya, nanti setelah dibahas dalam rapat pleno baru akan dipilih siapa yang akan duduk di dewan kehormatan. “Yang pasti akan diisi oleh tiga orang yakni, dua dari KPU provinsi dan satu dari luar,” katanya. Saat disinggung soal apakah ada sanksi yang akan diberikan, menurut Benny, pihaknya akan menunggu pemeriksaan yang dilakukan dewan kehormatan. Jika dari hasil pemeriksaan terbukti bahwa Ketua KPU kota terlibat dalam tim sukses, maka KPU Papua akan memberikan sanksi, jelasnya.

Mundur

Anggota Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau Mag Say Say mengundurkan diri dari jabatannya di KPU. “Surat pengunduran diri su-dah saya sampaikan kepada Ketua KPU Kepri,” kata Mag Say Say di sela-sela Diskusi Amandemen UUD 1945 di Batam, Kamis.

Ia mengatakan mengundurkan diri karena terlalu sibuk dengan urusan di luar KPU yang mengharuskannya sering ke luar kota. Mag Say Say menyatakan sedang memiliki usaha di provinsi lain di Indonesia Timur yang menyebabkan ia harus sering bepergian.

“Saya khawatir tugas di KPU terbengkalai karena kesibukan di luar, makanya mengundurkan diri,” kata Mag Say Say.

Meskipun pemilihan legislatif, kepala daerah kepri, Batam, Lingga, Karimun dan Natuna sudah selesai, namun masih ada beberapa tugas KPU yang masih harus dikerjakan. (sumber: suara karya)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.