KPU Bojonegoro Ajukan Dana Anggaran Pilkada Rp 20 M

alokasi dana desaKPU Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengajukan anggaran sekitar Rp 20 miliar kepada Badan Anggaran DPRD untuk pelaksanaan pilkada yang dijadwalkan berlangsung November 2012.

“Usulan anggaran sebesar Rp20 miliar tersebut, kalau pilkada berjalan satu putaran,” kata Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro Mundzar Fahman, Selasa (7/6).

Namun, tutur dia, kalau pilkada berlangsung dua putaran, ada tambahan anggaran sebesar Rp 10 miliar. “Usulan tersebut kami ajukan dengan harapan pada perubahan APBD, pengajuan anggaran pilkada sudah dibahas di DPRD,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, usulan anggaran sebesar Rp 20 miliar tersebut, terbanyak terserap untuk biaya honorarium pelaksana pilkada, mulai tingkat kecamatan, desa hingga tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Kebutuhan Logistik

Lainnya, usulan yang diajukan tersebut, untuk kebutuhan logistik, sosialisasi pilkada, hingga anggaran untuk advokasi kalau dalam pilkada muncul tuntutan hukum.

Dalam pilkada di Bojonegoro, menurut dia, diperkirakan ada 2.600 tempat pemungutan suara (TPS). Dengan perhitungan setiap TPS ada tujuh petugas ditambah dua petugas linmas, sehingga diperkirakan jumlah pelaksana di tingkat TPS mencapai 23.400 orang.

Sementara itu, petugas pilkada di 27 kecamatan sebanyak 135 orang dan petugas di masing-masing desa sebanyak tiga orang di 430 desa/kelurahan.

“Dana terbesar terserap di honor petugas pelaksana pilkada,” katanya tanpa merinci jumlah besarnya dana yang terserap untuk membayar honor petugas.

Ia menambahkan, tahapan pilkada di Bojonegoro, diperkirakan Mei 2012 sudah mulai berjalan atau delapan bulan sebelum pemungutan suara pilkada yang dijadwalkan November 2012. Sedangkan anggaran yang diajukan tersebut, masuk dalam APBD 2012.

Direncanakan, kegiatan pilkada 2012, sudah memanfaatkan kantor baru KPU yang lokasinya di Desa Pacul, Kecamatan Kota, yang baru dibangun. “Kegiatan pilkada kami awali di kantor baru KPU di Desa Pacul, Kecamatan Kota,” katanya menjelaskan. (sumber: suara karya)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.