Keberhasilan Calon Independen Bisa Dilihat dari Pilkada

penghitungan suaraPeneliti Indo Barometer Muhammad Qodari menyatakan setuju dengan wacana calon presiden melalui jalur independen. Menurut dia, wacana tersebut harus diakomodir. “Setiap warga negara memiliki hak politik yang sama,” kata Qodari dalam diskusi mingguan bertajuk “Calon Presiden Tanpa Parpol” di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 9 April 2011.

Menurut Qodari, wacana mengenai capres independen atau dari jalur non-partai bukanlah hal baru. Upaya untuk menggolkan capres non-partai merupakan jawaban adanya halangan yang besar bagi warga negara yang ingin terlibat dalam proses pencalonan perorangan. Selain itu, implementasi calon perorangan dari non-partai sudah terbukti melalui pemilihan umum kepala daerah. “Sudah ada aplikasinya kok,” ujar dia.

Salah satu contoh kesuksesan calon perorangan (non partai) yang berhasil memenangkan pemilukada adalah Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf. Sedangkan untuk pemilihan tingkat Bupati ada nama Ceng Fikri yang berpasangan dengan artis Dicky Chandra yang saat ini menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut.

Qodari menilai dengan dibukanya capres non-partai akan menarik tokoh-tokoh nasional untuk berpartisipasi dalam politik Indonesia. “Karena banyak tokoh yang berkualitas tapi enggan masuk partai,” kata dia. Qodari menyebutkan salah satunya adalah Rizal Ramli dan Sri Mulyani.

Qodari menambahkan sisi positif dari dibukanya capres non partai, pemimpin yang terpilih akan lebih fokus untuk mengurusi rakyat. “Selama ini presiden tersandera oleh partai politik,” tuturnya.

Hal senada disampaikan politisi Partai Persatuan Pembangunan Mohammad Romahurmuziy. Dia setuju dengan wacana capres dari jalur non-partai ini. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PPP ini, dengan adanya capres non-partai partisipasi masyarakat dalam pemilu akan meningkat. “Banyaknya capres yang akan muncul nanti tidak akan memusingkan rakyat,” katanya. (sumber: tempo interaktif)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.