Kapolda Pantau Pilkada Tolitoli

polisiKapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Muhammad Amin Saleh mengunjungi Kabupaten Tolitoli guna memantau pengamanan pilkada di wilayah itu pascapembakaran eks Kantor Bupati Tolitoli yang terjadi Selasa (27/7/2010) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita.

Kapolda Amin Saleh tiba di Bandara Sultan Bantilan, Kamis (29/7/2010) siang dengan menggunakan pesawat reguler. “Saya ke Tolitoli untuk melihat langsung pelaksanaan Pilkada yang akan digelar pada tanggal 31 Juli 2010,” katanya kepada wartawan di Tolitoli.

Kapolda berharap kepada seluruh komponen masyarakat di Wilayah Tolitoli untuk dapat memahami bahwa pilkada ini adalah perhelatan demokrasi terbesar, sehingga tidak boleh ada yang mengganggu dan diganggu. “Jika itu terjadi, maka tentunya akan berhadapan dengan aparat di lapangan,” tegas mantan Kapolwiltabes Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Menurut Amin, sebagai salah satu upaya pencegahan polisi dalam aksi kriminalitas di Tolitoli, maka pihaknya mengadakan pertemuan dengan seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Tujuannya, menurut Kapolda Amin Saleh, untuk memberikan pemahaman, pencerahan dan sekaligus mengimbau agar turut serta memberikan andil dalam kelancaran pelaksanaan pilkada di wilayah Tolitoli. “Peran tokoh agama bagi kami sangat penting dalam menciptakan situasi kamtibmas di lingkungannya,” ujarnya.

Sebelumnya, situasi keamanan di Tolitoli sempat terganggu akibat pembakaran eks kantor Bupati setempat dan kantor Desa Tinading, Kecamatan Lampasio. Hal ini pula yang memaksa pihak Polda Sulteng untuk menambah pasukan sebanyak dua kompi, masing-masing satu kompi kerangka untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) serta satu kompi berasal dari Kompi Pendolo dan Tentena, Kabupaten Poso di wilayah Kabupaten Tolitoli. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.