Kapan Saat Tepat Untuk Memulai Kampanye?

balap kudaBagi Anda yang berencana hendak mengikuti pemilihan periode mendatang barangkali bertanya-tanya, “Kapan saya harus mulai kampanye?” Dan jawaban terbaiknya adalah: “Sekarang!”

Tidak pernah terlalu dini untuk mulai kampanye politik Anda. Walaupun sudah pasti ada beberapa  kegiatan yang akan lebih baik bila dibiarkan lebih dekat ke pemilu. Ada banyak kesempatan untuk memposisikan diri untuk memenangkan kampanye.

Berikut saya sajikan 5 tips yang dapat Anda lakukan hari ini untuk membantu Anda menang, tidak peduli seberapa jauh dari pemilu Anda:

1. Lanjutkan Fundraising
Banyak kampanye berbuat salah dengan melakukan beberapa penggalangan dana awal kemudian menunggu sampai mendekati pemilu untuk mengadakan acara penggalangan dana lagi. Jangan membuat kesalahan ini. Operasi penggalangan dana Anda harus terus sepanjang seluruh kampanye. Apakah Anda merasa memiliki dana awal yang cukup, tidak pernah ada waktu untuk mengendur. Sepanjang musim jagalah upaya penggalangan dana yang kuat dan berkelanjutan.

2. Analisa Pemilihan Sebelumnya
Kampanye dan pemilihan periode sebelumnya pasti memiliki banyak informasi. Pastikan untuk memeriksa ulang penargetan Anda, dan belajar dari setiap pelajaran yang dapat Anda ambil dari pemilihan sebelumnya. Untuk melakukan ini secara efektif, jangan segan-segan meminta profesional untuk membantu anda melakukan analisa.

3. Kontak Peserta Kampanye Sebelumnya
Beberapa minggu setelah Hari Pemilihan, tim Anda harus menghubungi semua perserta kampanye, baik yang menang maupun yang kalah. Tujuan dari melakukan kontak ini adalah untuk membangun jaringan. Jika calon tidak berminat untuk maju lagi pada periode pemilihan yang akan datang, Anda dapat bertukar informasi dengan manajer kampanye mereka. Menggunakan daftar penggalangan dana mereka, lihat sasaran (target) mereka, mendorong relawan mereka untuk beralih menjadi relawan Anda. Berdiskusilah dengan mereka, mengapa mereka menang dan mengapa mereka kalah.

4. Pemanasan dari Awal
Jangan terlambat memulai. Banyak kampanye yang dimulai dengan kecepatan kura-kura. Mereka mengira akan dapat melakukan serangan penuh pada saat mendekati hari H. Kampanye yang dimulai dengan melakukan pemanasan pada awal, tepat beberapa saat setelah pemilihan sebelumnya berakhir, dialah yang membangun momentum pertama kali untuk menang.

5. Organisir Akar Rumput
Sangat penting bahwa Anda mulai membangun organisasi akar rumput Anda segera setelah Anda berkomitmen untuk mengikuti pemilihan. Setelah pemilihan sebelumnya berakhir, mulai bekerja di akar rumput segera: bertemu dengan para pemimpin masyarakat, mengumpulkan dan melatih tim Anda, dan mulai pertemuan para pemilih.

Mendapatkan awal yang kuat akan memungkinkan kampanye Anda untuk berada di garda depan. Memetakan kekuatan diri dan lawan, membangun popularitas dan momentum. Strategi kampanye yang kuat akan dibangun jauh hari sebelum masa kampanye dimulai.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.