Kalah di Survei, Menang di Hari Pemilihan

Bilik Suara

Menjadi yang diunggulkan dalam kampanye politik adalah suatu hal yang hebat. Perhatian media, relawan, dan sumbangan mengalir dengan mudah. Sebaliknya, jika hasil survei Anda buruk, media mulai melaporkan “kematian” yang mendekat, “amunisi” menipis, donatur  tidak ada yang ingin menyumbang.

Namun, jika hanya karena kalah dalam survei, bukan berarti Anda kehilangan kesempatan dan patah arang begitu saja. Tentu saja lebih baik jika Anda “memimpin” dari awal, namun jika ternyata Anda berada di belakang, seharusnya Anda memiliki waktu untuk mengejar ketinggalan. Ada strategi kampanye yang bisa Anda gunakan dalam keadaan darurat, yang dapat mendongkrak posisi Anda hingga hari pemilihan tiba.

Salah satu dari strategi itu adalah “The Surprise GOTV” (GOTV = Get Out The Vote ). Jika Anda tidak bisa mengajak orang yang dalam survei yang memilih lawan anda untuk berubah dan memilih Anda, maka Anda harus bisa merangsang pendukung Anda untuk dapat datang semuanya ke bilik suara untuk memilih Anda. Jadi konsentrasi Anda adalah mengidentifikasi pendukung Anda dan membuat mereka datang ke tempat pemungutan suara pada hari pemilu.

Contoh: dalam survei, calon A mendapat 40% suara, sedang calon B 60%. Jika ada 100.000 pemilih, berarti 40.000 dukungan untuk calon A, sementara 60.000 mendukung kandidat B. Namun, jika calon A, bisa mendapatkan 50% dari pendukungnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (20.000 suara) sementara kandidat B hanya mendapat 33% (19.800 suara), maka kandidat A akan menang, meskipun ia memiliki pendukung keseluruhan lebih sedikit. Inilah yang kita maksud dengan “The Surprise GOTV.”

Strategi ini akan berjalan baik jika lawan Anda tidak siap pada perubahan mendadak, dan tidak siap pada langkah antisipasi. Namun strategi ini akan gagal jika lawan juga berhasil merangsang pendukungnya untuk datang ke bilik suara. Mendorong partisapasi pemilih adalah pekerjaan yang sulit, butuh kerja keras.

Kunci untuk program GOTV adalah kegigihan – menghubungi para pemilih lagi dan lagi untuk mencari tahu siapa yang mereka dukung, dan kemudian menghubungi pendukung Anda lagi dan lagi untuk memastikan mereka pergi ke TPS.

Faktor terpenting dari program GOTV adalah perencanaan dan tindakan. Buat rencana program baru, kemudian bekerja keras untuk melaksanakan rencana tersebut.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.