Jurus Jitu Strategi Kampanye Lewat Internet

strategi kampanye melalui internetStrategi kampanye dengan menggunakan media internet tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi internet itu sendiri. Sedikit banyak perkembangan teknologi internet telah mewarnai dunia politik Indonesia.

Komunikasi marketing politik ala Barrack Obama yang sukses menjadi Presiden AS mengilhami para calon kepala daerah untuk menggalang dukungan dari pengguna internet.

Bahkan kedahsyatan pengaruh internet juga terbukti dengan dukungan untuk Bibit-Chandra terbebas dari jeratan hukum serta penggalangan simpati untuk Prita. Penggalangan opini cukup cepat dan mampu membawa perubahan yang siginifikan.

Tajamnya opini di internet telah mengilhami sebagian kandidat untuk masuk ke ranah maya guna mensosialisasikan kegiatan dan pencitraan selain penyebaran atributnya secara offline.

Internet saat ini mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi massa. Kalau bisa memainkan isu maka dampaknya sangat luar biasa.

Berlomba-lomba membangun citra dan memainkan isu di dunia maya (situs dan facebook) merupakan langkah yang sangat tepat.

Dulu internet dipandang sebelah mata, sekarang sudah menjadi kebutuhan. Pertumbuhan pengguna internet juga terus melambung.

Namun demikian, berlaku juga sebaliknya,  bahwa melalui dunia mayalah seseorang bisa tumbang. Terpuruknya popularitas atau dukungan pada salah satu kandidat itu bisa mudah terjadi bila tidak hati-hati memainkan isu dan strategi pencitraannya.

Pengguna internet merupakan kelompok rasional. Mereka bak pisau bermata dua. Perilaku pengguna internet bisa lebih kejam dari pembaca media cetak.

Jika saja pengguna internet ada yang merasa ketidakcocokan dengan salah satu kandidat maka dengan mudah akan terjadi kampanye hitam atau perlawanan secara membabibuta di jalur maya dengan cepat dan spontan. Di internet pulalah dapat terjadi pembunuhan karakter atau black campaign. Dan itu akan sulit dibendung.

Nah, untuk mendongkrak popularitas dan dukungan, dibutuhkan tim yang sangat kompeten dalam penggarapan komunikasi dan marketing politik. Team ini juga harus dimiliki sebuah strategi marketing politik yang berbeda dan berani.

Memiliki situs dan atau facebook saja belumlah cukup. Karena situs dan facebook tersebut harus dipromosikan agar semakin banyak warga yang mengakses.

Internet tak boleh diremehkan oleh para politikus kita. Kalau zaman sekarang masih ada politisi yang ogah memiliki situs atau facebook maupun twitter, artinya dia berada satu langkah di belakang lawan politiknya yang memiliki situs sebagai strategi kampanye politiknya.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.