Jelang Pilkada Kalbar, Lima Partai Berkoalisi

pemungutan suara pilkadaDalam menghadapi Pilkada Gubernur Kalbar yang rencananya akan di gelar 20 Sepetember mendatang, DPW Partai Persatuan Pembangunan Provinsi Kalbar yang memiliki 5 kursi di DPRD Provinsi Kalbar, DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Kalbar memiliki 4 kursi, DPW Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kalbar memiliki 4 kursi, DPW Partai Bintang Reformasi Provinsi Kalbar memiliki 2 kursi dan DPD Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Kalbar memiliki 4 kursi, bersepakat untuk melakukan koalisi besar untuk mengusung pasangan calon Gubernur Kalbar.

Menurut Ketua DPW PPP Kalbar, Ahmadi Usman, S.Ag, koalisi 5 partai ini baru sebatas menyamakan visi dan misinya, belum sampai kepada tahap mengusung nama pasangan calon gubernur.

“Sementara untuk penjaringan dan pendaftaran calon kepala daerah diserahkan kepada masing-masing partai politik kolaisi,” jelas Ahmadi yang juga Wakil Ketua DPRD Kalbar, kemarin saat deklarasi koalisi 5 partai politik di Hotel Kartika Pontianak.

Kemudian, Ahmadi menjelaskan untuk penentuan calon yang akan diusung dari Partai koalisi ini sepenuhnya akan disepakati di dalam koalisi, dengan mempertimbangkan dan menjalankan mekanisme internal masing-masing partai.

“Dengan jumlah 19 kursi di DPRD Kalbar ini akan memperkuat dan akan memberikan semangat untuk mengusung pasangan calon Gubernur Kalbar, bukan sebagai pendukung tapi pengusung,” jelas Ahmadi.

Koalisi ini dilakukan untuk meraih kepemimpinan Kalbar di masa yang akan datang. Untuk itu diharapakan masyarakat Kalbar bisa bersatu membangun Kalbar berdasarkan amanat rakyat dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Mengenai kriteria calon kepala daerah juga ditentukan oleh masing-masing partai politik koalisi. Yang jelas untuk PPP calon kepala dearah harus memiliki kriteria yang antara lain beriman dan bertaqwa kemudian punya moralitas yang baik, amanah, dan punya integritas yang baik, punya kapasitas dan intelektual yang baik, profesional, dan bersih bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan sebagainya.

Sementara itu Ketua DPW PAN Kalbar, Ir. Ikhwani A Rahim, mengatakan atas dasar pandangan dan sikap politik yang sama sehingga terbangunnya kesepahaman bersama untuk membangun kolisi besar ini.

“Kami mengikatkan diri di dalam sebuah koalisi partai untuk menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalbar pada tahun 2012 untuk masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018,” jelas Ikhwani yang juga anggota DPRD Kalbar.

Menurut Ikhwani, kriteria pasangan bakal calon gubernur dan calon Wakil Gubernur Kalbar Periode 2013-2018 yang diusung partai koalisi ini mengedepankan profesionalisme, elektabilitas yang tinggi dan mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Kemudian Ketua DPW PKS Kalbar, H. Fatahillah Abrar, S.Ag, menambahkan dalam rentang waktu mulai disepakati kesepahaman ini, hingga memasuki masa akhir pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Provinsi Kalimantan Barat, koalisi ini masih terbuka kepada Partai Politik lainnya yang ingin bersama dan bergabung atas dasar kesepahaman yang sama.

Bahwa koalisi ini adalah koalisi terbuka dan apabila setelah penandatanganan risalah ini ada Partai Politik yang akan bergabung, risalah ini dapat disempurnakan kembali.

“Koalisi permanen ini bersifat tetap dan mengikat dari sejak tanggal penandatanganan Nota Kesepahaman sampai akhir pelaksanaan Pemilukada 2012,” jelas Fatahillah yang juga anggota DPRD Kalbar.

Kemudian Fatahillah, menambahkan koalisi ini dapat berakhir apabila terjadi kesepahaman lain di kemudian hari yang dituangkan dalam Berita Acara dan penandatanganan pembubaran koalisi.

Deklarasi lima partai politik kolaisi tersebut juga disepakati dengan penandatanganan risalah koalisi partai PPP, PAN, PKS, PBR dan Hanura. DPW Partai Persatuan Pembangunan Kalbar Ketua H. Ahmadi Usman, S.Ag, Sekretaris H. Retno Pramudya, SH, MH, DPW PAN Kalbar Ketua Ir. Ikhwani A. Rahim, Sekretaris Ir. Sy. Izhar Assyuri, DPW PKS Kalbar Ketua H. Fatahillah Abrar, S.Ag Sekretaris H. Arif Joni Prasetyo, ST. DPW PBR Kalbar Ketua Rudyanto Sulaiman, SH, Sekretaris Nofal Nofiendra RA, SH. DPW Partai Hanura Kalbar Ketua H.A.Baharuddin Nahris, SH, SIp, Sekretaris Ir. H. Nur Ardiansyah. (inilah)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.