Jarkot Sultra akan Gelar Dialog Politik Lokal

demokrasi pancasilaKENDARI– Jaringan Kota (Jarkot) sebagai lembaga swadya masyarakat (LSM), sebagai bentuk pengawalan terhadap proses demokrasi,  Sabtu (6/3) akan menyelenggarakan Dialog Politik dengan tema Antisipasi Kekerasan Politik menjelang Pemilu Kada Kabupaten/Kota se-Sultra, Hal ini dilakukan, mengingat Pilkada sebagai syarat proses dimaknai hanya sebagai artikulasi prosesdural demokrasi yang sarat dengan ketimpangan dan konflik.

Presidium Jarkot Sultra Rasyid Ramadhan menyatakan bahwa adanya potensi kekerasan dalam pemilihan Kepala Daerah, dari beberapa faksi politik sangat rawan untuk menyulut terjadinya konflik horizontal yang dapat merusak kohesi sosial dan menegaskan nilai-nilai demokrasi.

“Fenomena Pilkada di Indonesia banyak menyimpan potensi konflik yang sewaktu-waktu dapat terjadi, Kita bisa lihat Pilkada lalu daerah Maluku, Jatim, Bulukmba dan banyak lagi daerah lain di tanah air” Kata Rasyid pada jurnalis harian ini, Sabtu, (27/2), kemarin.

Rasyid juga menambahkan bahwa kekerasan dalam pilkada juga banyak terjadi akibat kelalaian infrastruktur pemilu yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Pilkada seperti KPU, Panwas, Dinas catatan sipil, dan instansi kelembagaan lain yang terkait dalam penyelenggaraan pemilu, seperti semrawutnya penetapan Daftar calon Pemilih Tetap (DPT).

“KPU dan kelembagaan yang terkait, harus bisa bekerja profesional untuk menghindari kelalaian tekhnis yang bisa berpotensi sebagai ruang konflik” ujarnya.

Untuk itu menurutnya harus terbangun kesepahaman bersama antara pihak penyelenggara pemilu, aparat penegak hukum, seluruh elemen masyarakat lokal untuk mengantisipasi terjadinya konflik yang dapat menyulut kekerasan. Sehingga Kegiatan dialog tersebut menurutnya sangat penting untuk terselenggara demi terwujudnya proses demokrasi yang sehat dan fair, khususnya dalam pemilu Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Sultra.

Selain itu Rasyid juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan menghadirkan pembicara Nasional serta penaggung jawab institusi penegak hukum dan penyelenggara pemilu, disamping itu perwakilan organisasi pemuda Sultra juga akan diundang sebagai narasumber dalam dialog tersebut. (sumber: kendari ekspres)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.