Jadwal Pilkada Nisel Belum Ditetapkan

pemungutan suara pilkadaKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, hingga kini belum dapat menetapkan jadwal pasti pelaksanaan pemilihan kepala daerah di kabupaten yang berada di pantai barat Pulau Sumatera itu.

“Kita belum bisa menentukan (jadwal pilkada) karena segala sesuatunya sangat bergantung pada kesiapan logistik,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan Solofana Manao, sore ini.

Pilkada Kabupaten Nias Selatan sendiri semula dijadwalkan berlangsung 2 Desember 2010, namun sudah dipastikan tertunda akibat ketidaksiapan logistik. Menurut Solofana Manao, jadwal pilkada harus bergeser mundur karena keteledoran pejabat sekretariat KPU setempat yang mengakibatkan tertunda-tundanya tender pengadaan barang dan jasa.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan tender pengadaan barang dan jasa minimal membutuhkan waktu selama 45 hari, namun hingga kini proses tender itu sendiri belum lagi dimulai.

“Sampai saat ini tender belum bisa dilaksanakan, sementara jadwal pelaksanaan pilkada kurang dari sebulan lagi. Jadi sudah dapat dipastikan jadwal pada 2 Desember itu tidak akan dapat dipenuhi,” ucapnya menjelaskan.

Ketika ditanya perkiraan jadwal pelaksanaan pilkada di daerah itu? Manao mengaku tidak dapat menduga-duga. “Segala sesuatunya sangat bergantung pada kesiapan logistik. Jika sudah ada jaminan logistik, baru kita bisa menyusun tahapan pilkadanya,” katanya menegaskan.

KPU Kabupaten Nias Selatan sendiri, menurut dia, sangat berharap pilkada dapat dilaksanakan secepatnya, menyusul segera akan berakhirnya masa jabatan Bupati Fahuwusa Laia.

“Tapi semua tergantung pengadaan logistik. Kita hanya bisa mendorong pengadaan losgistik dipercepat, agar kita juga bisa segera menetapkan jadwal pilkada. Tapi, jadwal tanggal 2 Desember itu sudah pasti bergeser mundur,” paparnya. (sumber: waspada online)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.