Inilah Era Kampanye Konstan (bagian 1)

perang caturHari Pemilihan datang dan pergi, hasilnya: menang atau kalah, dan lantas kampanye berakhir. Apakah benar demikian? Salah, atau tepatnya tidak sepenuhnya demikian. Dalam iklim politik saat ini, kampanye tidak pernah berakhir.

Dengan hari pemilihan hanya satu hari dan periode pemilihan 5 tahunan, setiap calon, menang atau kalah, perlu bekerja keras untuk mencoba lagi, atau untuk memenangkan pemilihan ulang. Ini adalah era kampanye konstan – di mana dalam rangka untuk menerobos kekacauan, calon yang baru pertama kali mencalonkan harus memulai kampanye dua tahun sebelumnya dan mantan kandidat mulai berkampanye lagi sehari setelah Hari Pemilihan.

Terpilih Kembali Dengan Mudah
Jika Anda menang pada Hari Pemilihan, sekarang adalah waktu untuk mulai merencanakan ulang strategi kampanye Anda. Meskipun Anda menang, sebaiknya tetap dilakukan evaluasi terhadap hasil pemilu. Dalam hal apa Anda (dan team Anda tentunya) unggul dibanding lawan, sebaliknya dibagian mana yang merupakan kelemahan Anda. Lakukan analisa strategi kampanye terhadap hasil pemilihan.

Selain menganalisis kampanye terakhir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan setiap pemenang untuk membuat terpilih kembali:

1. Markas Kampanye
Pertimbangkan untuk menjaga markas kampanye agar tetap terbuka, jangan biarkan markas kampanye menjadi tidak terurus dan kemudian tutup dengan sendirinya setelah pemilihan berakhir. Menjaga markas kampanye akan memberikan Anda tempat untuk menyimpan relawan. Mengingatkan Anda bahwa kampanye tidak pernah berakhir, dan memungkinkan Anda untuk terus bekerja pada aktivitas kampanye terkait yang mungkin tidak diperbolehkan secara formal.

2. Menjaga Hubungan
Adalah penting bahwa setelah memangku jabatan, anda pergi keluar dan melanjutkan pertemuan dengan pemilih, sama seperti jika Anda masih kandidat. Lakukan pertemuan, lakukan surat-menyurat, dan bahkan pergi dari pintu ke pintu untuk mengetahui apa yang penting bagi konstituen Anda. Dengan demikian semakin besar kemungkinan mereka untuk memilih Anda waktu berikutnya.

3. Mulai Fundraising/Penggalangan Dana
Fundraising adalah tugas yang tidak pernah berakhir. Semakin banyak Anda membangun kekuatan, semakin kecil kemungkinan Anda menghadapi persaingan serius di hari pemilihan nanti.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.