Hari Ini DPR Rapat Paripurna Bahas Tito sebagai Calon Tunggal Kapolri

polisiJakarta – Presiden telah secara resmi mengirimkan surat kepada DPR terkait pengajuan nama Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Untuk membahas hal itu, hari ini anggota DPR akan melakukan rapat paripurna.

“Jam 11. 00 WIB nanti rapat pimpinan (terkait surat presiden tentang calon Kapolri). Kemudian kita akan maraton jam 1 kita akan rapat Bamus dan tentunya salah satunya agenda pembahasan apa yang disampaikan di rapim. Untuk kemudian disampaikan ke Paripurna bahwa DPR telah secara resmi menerima surat tersebut dari presiden. Nanti Paripurna pukul 14.00 WIB,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Taufik mengatakan bahwa pengajuan Komjen Tito sebagai calon Kapolri harus diketahui publik secara luas.

“Memang calon Kapolri, calon panglima TNI secara posisi di lembaga merupakan hak prerogatif presiden kenapa calon Kapolri dan calon panglima TNI disampaikan ke DPR itu semata mata karena hanya aspek strategisnya saja untuk menjaga keamanan NKRI ini. Perlu disampaikan dan dikenalkan kepada rakyat diwakili DPR,” papar dia

“Jadi ini penyampaian kepada negara, publik ingin melihat track recordnya kapasitasnya kualitasnya tetapi tentu tidak mempengaruhi dalam posisi intervensi hak prerogatif presiden,” imbuhnya.

Nantinya Komjen Tito juga akan mengikuti fit and propert test yang dilakukan Komisi III DPR.

“Tetap ada fit and propert test walau hanya calon tunggal hanya saja mungkin ke arah personaliti bagaimana track recordnya, keluarga dan seterusnya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR Ade Komarudin memastikan bila calon Kapolri pilihan Jokowi adalah Tito Karnavian. Ade sudah menerima pemberitahuan dan surat dari Mensesneg Pratikno dan akan segera memproses Tito.

“Jadi tadi sebelum ke sini saya menerima Mensesneg. Beliau menyampaikan surat yang penting kepada dewan,” jelas Ade di sela-sela meninjau Stasiun gambir, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

“Surat tersebut berisi, presiden menyampaikan pencalonanan Komjen Tito Karnavian. Satu-satunya menjadi calon Kapolri,” tegas Ade.

 

sumber : http://news.detik.com/berita/3234664/hari-ini-dpr-rapat-paripurna-bahas-tito-sebagai-calon-tunggal-kapolri

Filed Under: Nasional

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.