Hampir 50 Persen Penduduk NTB Miskin

penduduk miskinJumlah warga NTB yang hingga kini masih tergolong kurang mampu atau miskin tercatat 1,1 juta jiwa dari total 2,4 juta jiwa.

“Dari 1,1 juta jiwa masyarakat miskin tersebut sekitar 530.000 orang mendapat bagian beras miskin rata-rata sebanyak 13 kg per KK,” kata H Najamudin Mustafa dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) DPRD NTB di Mataram, Jumat (14/5/2010).

Sementara itu, bantuan beras miskin yang diberikan pemerintah juga terus berkurang, dari 20 kg per KK, turun menjadi 15 kg per KK. Sekarang, jumlahnya turun lagi menjadi 13 kg per KK.

Tingginya angka kemiskinan di NTB telah melahirkan penurunan kualitas sumber daya manusia yang pada mengakibatkan pelemahan daya saing.

Jumlah pengangguran semakin bertambah. Hal ini berimplikasi terhadap tambahnya angka kemiskinan yang ditandai dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB yang berada pada urutan ke-33 di Indonesia.

Di samping itu, kemiskinan juga ikut memperburuk kondisi sumber daya alam karena dimanfaatkan untuk menopang pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Dengan demikian, kekayaan alam yang ada sudah mulai terkikis. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (4)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.