Eurico Guterres, Ketua Umum Untas

eurico guterresMantan Wakil Panglima Pasukan Pejuang Integrasi, Eurico Guterres terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Uni Timor Aswa’in atau Untas periode 2010-2014, dalam Kongres ke-2 Untas di Kupang, Kamis (2/12/2010).

Uni Timor Aswa’in atau Persatuan Tertinggi warga eks Timor Timor bertujuan menyadarkan warga eks Timtim akan sejarah masa lalu mereka, membangun kerja sama dan persatuan antara mereka, dan bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan.

Eurico Guterres dalam sambutan mengatakan, eks Timtim tidak hanya warga asli Timtim yang berada di Indonesia tetapi semua warga negara RI yang pernah bekerja dan mengabdi di Timtim, kemudian pindah ke Indonesia setelah Timtim menjadi negara berdaulat.

Eurico menggantikan Ketua Umum Untas periode 2005-2010, Dominggus Soares, yang juga adalah mantan Bupati Dili periode 1991-1999.

Menurut Eurico, warga eks Timtim adalah mitra pemerintah. Mereka tidak hanya bergantung dari pemerintah tetapi juga turut memberi sumbangan dan dukungan berarti bagi pemerintah.

“Warga eks Timtim harus bisa mandiri, dengan kerja keras, dan memanfaatkan segala sarana dan prasarana yang diberikan pemerintah secara baik. Kita harus saling koordinasi dan membantu dalam setiap kesulitan,” kata Eurico.

Jumlah warga eks Timtim (asli) di Timor Barat sekitar 200.000 orang, belum termasuk di luar NTT seperi Bali, Sulawesi, Papua, Jawa, dan Kalimantan. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.