Era Kampanye Konstan bagian 2

kalender politikPada tulisan sebelumnya, Era Kampanye Konstan bagian 1, saya sudah membahas mengenai strategi kampanye konstan untuk kandidat yang berhasil memenangkan pemilihan. Karena dalam sebuah pemilihan selalu ada yang menang dan yang kalah, maka tidak adil rasanya jika saya tidak membahas strategi kampanye konstan untuk kandidat yang kalah (belum menang).

Namun sebelumnya saya ingatkan, bahwa sekarang adalah era kampanye konstan. Dalam iklim politik saat ini, kampanye tidak pernah berakhir. Benar, hari pemilihan hanya satu hari, dengan periode pemilihan 5 tahunan, setiap calon, menang atau kalah, perlu bekerja keras untuk mencoba lagi, atau untuk memenangkan pemilihan berikutnya.

Tetapi bagaimana jika Anda Kalah (tidak menang)? Bagaimana jika Anda sudah bekerja keras untuk kampanye, namun tetap jatuh kalah pada hari pemilihan? Tidak perlu khawatir. Seringkali, pemilih perlu melihat Anda pada surat suara sekali atau dua kali sebelum nama Anda dan komitmen Anda kepada masyarakat benar-benar “nyantol” di hati pemilih. Dan waktu untuk memulai adalah sekarang:

1. Bangun Organisasi Anda
Kemungkinannya adalah, selama kampanye Anda mengumpulkan kelompok donortur dan sukarelawan untuk membantu Anda menang. Berterima kasihlah pada mereka atas usaha, kerja keras dan kepercayaan mereka. Dan biarkan mereka tahu Anda berencana untuk mencalonkan diri lagi. Tetap jaga hubungan dengan mereka dan buat mereka terlibat dalam kampanye Anda kembali sesegera mungkin. Mereka sudah berkomitmen untuk Anda – sekarang Anda hanya harus memberi mereka sesuatu untuk dilakukan.

2. Biarkan Publik Tahu Bahwa Anda Mencalonkan Lagi
Sekarang pemilihan sudah berakhir, calon lain mungkin juga sedang mengincar kursi yang sama, dan sama dengan Anda dia juga berusaha untuk menang. Biarkan semua tokoh tahu bahwa Anda berencana untuk mencalonkan lagi. Mintalah dukungan mereka, dan jelaskan mengapa Anda berpikir Anda akan berbuat lebih baik di waktu berikutnya.

3. Mulai Fundraising Segera
Hal yang sama bagi calon yang menang dan calon yang tidak menang; hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan pencalonan kedua Anda berhasil adalah memulai penggalangan dana lebih awal.

Demikianlah selamat datang di era kampanye konstan, dimana masa kampanye tidak pernah berakhir.

Filed Under: Campaign Corner

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.