Edan, Hasil Rekap Pilkada Disobek-sobek

rekapitulasi suara pilkadaSeorang yang tak dikenal tiba-tiba merobek hasil rekapitulasi sementara Pilkada Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (5/8/2010) Sore, sehingga menyebabkan dua lembar kertas suara dan kertas jenis C2 Plano rusak.

Perobekan ini terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Dusun Karangjati Genengan RT 2 RW 1, Kabupaten Malang.

“Saya tidak tahu, setelah dilakukan penghitungan, tiba-tiba ada orang yang datang dan merobek lalu melarikan diri,” ujar Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Panwaslu, Benny.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Malang, Muhammad Wahyudi, membenarkan peristiwa tersebut.

Ia menjelaskan, laporan yang masuk dari PPL menyebutkan, bahwa kronologi kejadian tersebut bermula ketika seluruh berkas selesai dihitung, kemudian tiba-tiba ada orang yang masuk menyerobot kerumunan petugas yang telah selesai melakukan penghitungan tersebut.

“Petugas TPS serta sejumlah PPL telah selesai melakukan penghitungan, dan tinggal memasukkan lipatan kertas suara ke dalam satuan yang berjumlah 10, lalu tiba-tiba datang orang yang tidak dikenal dan merobek kertas suara,” katanya.

Wahyudi menjelaskan, pihaknya belum mengetahui motif perobekan itu. Panwaslu juga tidak berani menyimpulkan apakah perobekan itu bermotif atas ketidakpuasan dengan hasil rekapitulasi.

“Saya tidak mengetahui motif pelaku, sehingga saya tidak berani menyimpulkan apakah pelaku tidak puas dengan hasil rekapitulasi di TPS tersebut,” katanya.

Meski demikian, Wahyudi menegaskan, peristiwa perobekan kertas itu tidak akan memengaruhi perolehan suara karena semua saksi sudah melakukan tanda tangan pada kertas tersebut.

Hingga Kamis malam, semua pihak yang berada di lokasi kejadian masih dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

“Saat ini petugas PPL dan TPS masih dimintai keterangan dan pelaku masih dalam pengejaran oleh pihak kepolisian Kabupaten Malang, dan Panwaslu saat ini masih melakukan BAP terkait permasalahan ini,” katanya. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.