Diperingati, KPU Flores Timur Tetap Lanjutan Tahapan Pilkada

logo-kpuKomisi Pemilihan Umum (KPU) Flores Timur tetap melanjutkan tahapan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada), walaupun sudah diperingati KPU Pusat untuk menghentikan sementara tahapan pilkada di daerah itu.

KPU Pusat mengeluarkan surat larangan guna memberikan kesempatan kepada KPU Flores Timur menyelesaikan persoalan pasangan calon kepala daerah yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) yang mengusung Simon Hayon-Frans Diaz Alfi yang digugurkan KPU saat verifikasi berkas pasangan calon.

Pasangan itu tidak menyertakan berkas berita acara koalisi partai politik dan berkas kesepakatan partai pendukung calon kepala daerah. Dua berkas itu tidak dimasukkan ke KPU hingga jadwal verifikasi berkas berakhir.

KPU Flores Timur tetap melanjutkan tahapan Pilkada dengan melakukan penarikan nomor urut pasangan calon kepala daerah pada Rabu (21/4). “KPU Flores Timur tahu surat larangan ada. Namun, mereka melawan KPU Pusat,” kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar NTT, Bone Pukan di Kupang, Kamis (22/4).

KPU pusat dan provinsi, menurut dia, telah meminta kepada KPU Flores Timur untuk menunda penarikan nomor urut hingga 25 April 2010, sesuai jadwal penarikan nomor urut mulai 19-25 April. “KPU Flores Timur menolak dan melanjutkan tahapan pilkada, nanti resikonya mereka yang tanggung,” katanya.

Ketua KPU Flores Timur Bernadus Boro Tupen mengatakan, KPU tetap bekerja mengikuti jadwal tahapan pemilu kepala daerah yang sudah ditetapkan. Jika KPU menghentikan sementara tahapan pilkada, KPU yang bakal dituduh melanggar aturan. “KPU adalah lembaga independen, sehingga kita kerja sesuai aturan,” katanya.

Kondisi keamanan di Kota Larantuka, ibu kota Flores Timur mulai memanas pasca penarikan nomor urut pasangan calon. Tercatat dua kelompok pengunjuk rasa dari kelompok pro KPU dan kelompok pro pasangan calon Partai Golkar menggelar unjuk rasa di kantor KPU. (sumber: tempo)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.