Cara Menggunakan Kekuatan Grup untuk Membangun Momentum

Membangun MomentumSudah menjadi naluri, bahwa manusia sangat suka menjadi bagian dari kelompok “khusus”. Karenanya menyiapkan kelompok khusus bagi kampanye politik dan mendorong keanggotaan akan membangun momentum dengan memotivasi aktivis, dan kemasan pesan Anda pun akan lebih mudah tertransfer.

Kelompok khusus macam apa? Kelompok khusus yang dimaksud adalah komite atau kelompok yang menarik anggota dengan “perangkap keanggotaan”. Perangkap ini meliputi: status “orang dalam”, informasi dan newsletter “khusus”, pin dan alat identifikasi lainnya yang serba “khusus”, serba eksklusif. Kelompok-kelompok ini dapat dan harus digunakan untuk semua aspek kampanye, bukan hanya penggalangan dana.

Kelompok khusus dapat digunakan untuk menarik relawan. Diselenggarakan pertemuan rutin untuk kelompok tersebut, buat identitas khusus seperti kartu keanggotaan khusus, t-shirt khusus, dan fasilitas khusus. Kelompok khusus ini juga bisa digunakan untuk kegiatan kontak pemilih.

Penggunaan kelompok khusus tidak terbatas pada skala lokal. Alat ini dapat digunakan pada setiap ukuran kampanye, besar atau kecil. Penggunaan yang paling jelas pada kampanye terbesar, tentu saja, adalah di arena penggalangan dana.

Kampanye nasional dan sebagian besar pilkada telah menggunakan penggalangan dana berbasis kelompok khusus ini. Menyiapkan berbagai tingkat keanggotaan untuk meningkatkan jumlah sumbangan, dengan tingkat kelompok yang lebih tinggi mendapatkan benefit yang lebih bergengsi.

Menjadi kreatif merupakan hal paling penting ketika Anda merancang kelompok khusus untuk kampanye Anda.Kata kuncinya adalah untuk mencari tahu apa yang akan memotivasi target aktivis untuk bergabung, apa yang dapat ditawarkan kampanye, dan bagaimana mudahnya akan menarik anggota baru.

Setelah anggota mulai bergabung, adalah penting bahwa mereka didorong untuk mendaftarkan anggota baru ke kelompok politik Anda. Kampanye ini harus berusaha untuk menciptakan rasa nyaman di masyarakat, terutama dalam kelompok yang berbasis non-penggalangan dana. Memberikan motivasi, mendorong keanggotaan, dan kelompok khusus Anda akan tumbuh dan berkembang.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.