Cara Agar Terpilih, Untuk Kandidat Tak Populer

10192567Kali ini akan dibahas strategi kampanye bagi kandidat yang tidak populer. Banyak kandidat menghadapi fakta yang sama: mereka tidak populer, tidak begitu dikenal masyarakat. Dan tanpa modal yang banyak, akan sulit untuk menjadi dikenal. Apa yang harus dilakukan? Adakah cara agar terpilih, bahkan jika pengenalan nama nol?

Tentu saja banyak cara untuk menjadi dikenal dan menang dalam pemilihan dengan anggaran yang ketat. Namun dalam strategi kampanye ini, kandidat harus bekerja keras. Berikut langkah strateginya:

1. Temui Tokoh Kunci
Langkah pertama adalah bertemu dengan para tokoh kunci, baik tokoh politik, tokoh masyarakat, maupun tokoh agama. Termasuk tokoh kunci ini adalah orang-orang yang memiliki pengaruh, berbicara dengan banyak orang, dan dihormati. Tokoh kunci dari tingkat atas sampai tingkat bawah harus ditemui. Katakan pada mereka; mengapa Anda mencalonkan diri, dan mintalah dukungan. Jika mereka tidak dapat memberikan dukungan, Anda harus tetap berpikiran terbuka, tetaplah berhubungan dengan mereka. Tetap jalin tali silaturahmi.

2. Temukan Organisasi Kunci
Setelah bertemu dengan sebanyak mungkin tokoh kunci, saatnya untuk mulai menjangkau organisasi utama di daerah Anda. Partai politik dan ormas pendukungnya, dapat secara terbuka memperlihatkan dukungan terhadap Anda. Tapi tidak ormas lain. Perhimpunan pengusaha, klub-klub olahraga, kelompok pengajian, dan kelompok/organisasi lain tidak secara terbuka memperlihatkan dukungannya terhadap Anda. Dekati kelompok/organisasi tersebut, hadiri pertemuan kelompok/organisasi tersebut.

3. Membangun Tim
Sekarang saatnya menyusun tim akar rumput. Bentuk tim akar rumput yang solid. Buat pelatihan tentang cara menjalankan kampanye akar rumput. Organisir sebaik mungkin, adakan rapat secara berkala untuk kooordinasi maupun evaluasi. Membangun tim akar rumput akan dibahas lebih lanjut dalam artikel lain.

4. Bertindak Profesional
Bahkan jika Anda kekurangan uang tunai, kampanye harus tetap profesional jika ingin menang. Perhatikan hal-hal detail, sampai hal terkecil, karena rangkaian hal-hal detail tersebut akan membentuk satu kesatuan utuh yang merupakan gambaran besar kampanye Anda. Perhatikan bahwa strategi kampanye merupakan satu bagian integral dari tiap bagiannya. Pastikan bahwa orang mengetahui bahwa promosi Anda serius tentang kemenangan.

5. Saatnya Bergerak di Akar Rumput
Sekarang, saatnya untuk keluar sana dan benar-benar mulai bekerja di akar rumput. Pergi dari pintu ke pintu. Menyatu dengan konstituen. Gunakan bahasa yang membumi, dan program-program yang membumi pula. Buat kehadiran Anda menjadi berarti.

Dengan modal minim dan popularitas pengenalan nama yang minim, tentu saja dibutuhkan kerja ekstra keras untuk tampil menjadi pemenang. Dan semua itu tidak bisa dilakukan sendirian oleh kandidat, tim dan orang-orang dibelakang kandidat adalah faktor yang sangat penting. Detail mengenai poin-poin strategi kampanye di atas akan diulas dalam tulisan terpisah.

Related Blogs

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.