Calon Golkar Kalah di 4 Pilkada Papua

pemungutan suara pilkadaEmpat kabupaten di Papua baru saja menggelar pemilihan kepala daerah yakni Merauke, Bovendigul, Keerom dan Supriori. Di empat pilkada itu, calon Golkar kalah. Di Keerom bahkan, calon Golkar yang juga incumbent yakni Celcius Watae/Marsudi gagal terpilih kembali karena hanya menempati posisi kedua.

Wakil Ketua Partai Golkar Papua yang juga anggota DPR Papua, Yance Kayame, mengakui, kekalahan pasangan calon yang diusung Golkar di beberapa Pemilukada tingkat II Papua, merupakan peringatan dini bagi partai untuk segera berbenah dan konsolidasi.

”Situasi ini harus secepatnya disikapi partai, terutama mengubah strategi politik, agar kekalahan yang sama tidak terulang lagi pada sejumlah Pemilukada yang juga berlangsung dalam waktu dekat,” ujar Kayame kepada VIVAnews via telepon selulernya, Sabtu 18 September 2010.

Menurut dia, hal mendasar yang mengakibatkan kekalahan empat calon dari Golkar pada empat Pemilukada di Papua adalah, belum maksimalnya mesin partai baik tingkat provinsi maupun kabupaten dalam memenangkan calon yang diusung. ”Padahal jika dibandingkan dengan partai lain, sistem kerja Golkar lebik baik dan komplit. Namun sepertinya komisaris dan koordinator lapangan di tingkat kampung tidak dijalankan.”

Hal lain, lanjutnya, pencitraan terhadap calon yang diusung juga sangat minim, sehingga tingkat pengenalan masyarakat rendah. ”Hasil survei juga harus didukung pencitraan selanjutnya, tapi ini juga tidak maksimal,” ujarnya.

Pemilukada di Papua yang akan berlangsung dalam waktu dekat adalah di Kabupaten Mamberamo Raya, Kota Jayapura, Kabupaten Lany Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mamberamo Tengah, dan Kabupaten Nduga. (sumber: vivanews)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.