Cabup Terkaya Berdampingan Cawabup Termiskin di Pilkada Gresik

pemungutan suara pilkadaMujitabah sebagai calon bupati dengan harta kekayaan tertinggi berpasangan dengan Suwarno yang kekayaannya terendah mewarnai pemilihan kepala daerah Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jumat, mengumumkan harta kekayaan Mujitabah mencapai Rp98,175 miliar, atau tertinggi dibanding calon lainnya.

Sementara itu, Suwarno yang mendampingi Mujitabah melalui jalur independen, harta kekayaannya hanya sekitar Rp90 juta, atau terendah dibanding calon yang lain.

Anggota KPU Gresik Abdul Basid mengatakan data harta kekayaan tersebut bersumber dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Harta kekayaan semua calon itu merupakan hasil laporan semua harta, baik bergerak maupun tidak bergerak yang dimiliki para calon,” katanya.

Total kekayaan pasangan Mujitabah-Suwarno sebagaimana data LHKPN mencapai Rp98,1 miliar.

Di urutan kedua cabup Mohammad Nashihan yang memiliki kekayaan Rp18,1 miliar. Sedangkan pasangannya yaitu cawabup Syamsul Ma`arif kekayaannya sebesar Rp1,2 miliar. Pasangan ini diusung koalisi PAN dan sejumlah partai politik nonparlemen.

Sementara itu, pasangan calon Sambari Halim Radianto-M Qosim yang diusung koalisi Partai Golkar-PKPI ini total kekayaannya Rp18,9 miliar, dengan perincian kekayaan Sambari Rp16,2 miliar, dan Qosim Rp1,9 miliar.

Sedangkan total kekayaan pasangan Sastro Soewito-Samwil dan pasangan Bambang Suhartono-Abdullah Qonik hampir berimbang, yakni sekitar Rp8 miliar.

Kemudian harta kekayaan cabup Husnul Khuluq yang sebelumnya menjabat Sekda Kabupaten Gresik sebesar Rp923,03 juta, dan pasangannya, Musyaffa` Noer Rp3,8 miliar. (sumber: antara)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.