Bupati Kupang Tolak Investasi Marmer

ntt kaya bahan baku semenBupati Kupang Ayub Titu Eki tidak akan membuka kran investasi di bidang usaha pertambangan batu marmer, karena membawa dampak buruk terhadap kerusakan lingkungan alam sekitarnya.

“Untuk investasi tambang lainnya seperti mangan, batu kapur dan batu kali saya setuju, tetapi untuk marmer saya tidak akan izinkan karena merusak lingkungan,” katanya di Kupang, Kamis (21/10/2010), ketika menggambarkan potensi pertambangan di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut dia, penambangan batu marmer dengan cara memotong perbukitan seperti di beberapa tempat di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara, akan berdampak kepada pengrusakan ekosistem alam yang ada serta akan merugikan masyarakat di wilayah tersebut.

“Untuk itu terhadap semua upaya serta keinginan investor yang ingin melakukan aktivitas penambangan marmer, saya tidak akan memberikan izin investasi,” katanya menegaskan.

Dia mengatakan, budaya masyarakat Kabupaten Kupang sangat dekat dengan alam lingkungannya, sehingga bukit marmer yang ada masih dianggap sebagai bagian dari kehidupan sosial budaya masyarakat setemppat.

Titu Eki mengaku, potensi batu marmer yang ada di perbukitan yang ada, cukuplah banyak di wilayah Kabupaten Kupang, namun bukit marmer itu dianggap memiliki petuah oleh masyarakat setempat.

Dia mengatakan, ada sejumlah investor, baik di dalam maupun luar negeri sudah mengajukan permohonan untuk menambang marmer di Kabupaten Kupang.

“Namun, saya tetap berpegang pada komitmen pemerintah untuk menjaga ekosistem lingkungan, sehingga permohonan itu saya tidak kabulkan,” katanya.

Menurut Titu Eki, Pemerintah Kabupaten Kupang hanya memberikan ruang bagi investor yang akan melakukan aktivitas penambangan mangan dan batu kapur serta barang tambang galian C.

“Eksploitasi sumber daya alam itu membawa risiko kecil terhadap kerusakan lingkungan di sekitarnya sehingga kami masih memberi izin untuk menambang,” katanya. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.