Besok, Pemungutan Suara Pilkada Kulonprogo Digelar

pemungutan suara 2Pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Kulonprogo digelar Minggu (19/6) besok. Hingga sore tadi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo menyatakan semua persiapan telah siap, sementara Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo menerima sejumlah laporan politik uang.

Ketua KPU Kulonprogo, Siti Ghoniyatun mengatakan, semua persiapan telah dilakukan hingga H-1 atau Sabtu (18/6) hari ini. Selain pendistribusian surat suara, bilik, dan kotak suara ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), hari ini pihaknya juga telah melakukan monitoring supervisi untuk mengecek kesiapan TPS. “Persiapan sudah 100 persen, tinggal pelaksanaan besok,” katanya.

Ghoniyatun mengatakan, untuk kartu pemilih dan formulir undangan juga sudah selesai didistribusikan hingga H-3. Menurutnya, jika ada pemilih yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tatap (DPT) tapi sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) maka tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

“Dengan catatan ada surat keterangan dari ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) bahwa yang bersangkutan sudah terdaftar,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan pemungutan suara, rencananya akan ada sekitar lima orang komisioner dan sekretariat KPU pusat yang melakukan monitoring ke Kulonprogo. Menurut Ghoniyatun, mereka akan datang ke beberapa TPS untuk melihat secara langsung proses pemungutan suara.

“Rencananya salah satu TPS yang akan dikunjungi yakni TPS 18 di Dusun Sempu, Bumirejo, Lendah. Karena TPS itu unik, petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara)-nya akan mengenakan pakaian surjan (adat Jawa–red). Juga ada pembagian doorpize,” imbuh Anggota KPU Kulonprogo, M Isnaini. (sumber: suara merdeka)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.