Bagaimana Mengelola Relawan Kampanye Politik

relawan kampanye atau volunteersRelawan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari strategi kampanye politik.  Bahkan, kemungkinan sebagian pekerjaan kampanye akan dilakukan oleh relawan.

Relawan adalah sumber daya yang besar untuk kampanye politik, tetapi mereka juga menimbulkan masalah tambahan jika tidak dikelola baik.

Sebagian besar relawan tidak dibayar, sehingga mereka tidak dapat dipecat. Dan biasanya relawan  membantu dari kebaikan mereka hati (dan karena mereka percaya kepada Anda), sehingga Anda harus berhati-hati bagaimana Anda mengelolanya.

Kampanye sangat membutuhkan kehadiran relawan, karena kandidat tidak mampu mempekerjakan staf yang cukup untuk melakukan semua pekerjaan yang perlu dilakukan.

Merekrut Sukarelawan
Langkah pertama dalam menggunakan sukarelawan dalam kampanye adalah melakukan rekrutment relawan. Lebih lanjut silakan klik: 5 Tips untuk Merekrut Relawan Politik.

Menetapkan Harapan
Setelah mendapatkan  sukarelawan, pastikan untuk menetapkan harapan bagi mereka. Harapan yang paling penting untuk ditetapkan adalah profesionalisme. Jelaskan kepada relawan Anda bahwa Anda menganggap mereka bagian dari tim Anda, dan bahwa Anda mengharapkan mereka untuk mewakili kampanye Anda dengan baik.

Cara terbaik untuk mengatur harapan ini adalah dengan menciptakan suasana yang profesional.

Perlakukan relawan seperti staf Anda, bila memungkinkan: memberi mereka tempat yang layak untuk bekerja di kantor Anda, undang mereka untuk menghadiri acara Anda.

Membuat Pemain Tim
Setelah menciptakan suasana yang nyaman, libatkan relawan sebagai bagian dari tim Anda. Relawan Anda akan merasa termotivasi dan bersyukur atas kesempatan ini, dan kampanye Anda akan menuai manfaat produk kerja yang baik dan staf relawan bahagia.

Biarkan staf Anda dibayar dan konsultan tahu bahwa mereka harus membuat para relawan merasa seperti bagian dari tim. Tentu saja, Anda mungkin tidak ingin sukarelawan diikut-sertakan untuk segala hal. Tentu saja tidak semua akses dapat dibuka begitu saja pada relawan.

Pelacakan Kinerja
Untuk dapat mengetahui out put relawan kampanye, lacaklah kinerja mereka, seperti layaknya Anda melacak staf Anda yang dibayar. Mengadakan pertemuan rutin dengan relawan Anda untuk memeriksa pekerjaan mereka, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan bimbingan pada proyek-proyek mendatang.

Juga, pastikan untuk sering-sering berterima kasih kepada relawan Anda. Ingat, mereka yang tidak dibayar untuk melakukan pekerjaan ini … Mereka melakukannya karena mereka percaya pada  Anda. Pastikan Anda mengelola relawan sebagai bagian dari strategi kampanye Anda.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.