Bagaimana Cara Menang Pilkada di Kota Besar

gedung bertingkat kota besar

Setiap pemilihan umum atau pilkada tidak akan pernah ada yang sama. Perbedaan karakteristik pemilih, perbedaan kandidat yang ikut serta (karakter, program, dan lain sebagainya). Dan masih banyak perbedaan lainnya. Namun demikian diantara semua pebedaan tersebut, ada beberapa hal pokok yang tetap sama: Anda harus menggalang dana, harus punya rencana, harus mengornaisir akar rumput.

Berikut ini adalah empat hal yang harus Anda ingat jika ingin sukses di sebuah pemilihan di kota besar:

  1. Anda Harus Lebih Besar Dari Hidup
    Biasanya banyak karakter terkenal tinggal di kota besar metropolitan. Semua orang tahu bukan hanya nama selebriti, tapi juga tahu nama-nama atlet profesional, pembawa berita, sampai juga koki-koki terkenal. Dengan demikian sulit menjadi terkenal di kota metropolitan, karena harus bersaing dengan sekian banyak nama.

Untuk menerobos kekacauan dan meningkatkan popularitas nama Anda, maka Anda harus lebih besar dari kehidupan. Anda perlu memiliki kepribadian yang menonjol, mengusulkan perubahan yang berani, dan melemparkan sebuah visi besar untuk kota Anda.

  1. Pendekatan Personal
    Pemilih di kota besar mengharapkan untuk mengenal lebih jauh kandidat mereka. Mereka telah terbiasa melihat walikota/gubernur di rapat, dan di peringatan 17 Agustusan. Pemilih menaruh perhatian pada materi kampanye Anda. Jadi selain menaruh perhatian yang besar pada materi kampanye, untuk dapat menang di pemilihan kota besar, Anda juga harus banyak bekerja di akar rumput, dan melakukan pendekatan personal dengan pemilih.
  2. Percaya tetapi Verifikasi
    Di kota-kota kecil, penduduknya relatif lebih sedikit, semua orang tahu semua orang. Sulit untuk “membajak” pemilih, atau membuat aliansi baru, dan membuatnya tetap rahasia.

Sebaliknya di kota besar penduduknya lebih padat dan lebih banyak. Ada ribuan bisnis, kelompok perdagangan, organisasi ini, organisasi itu, dan sejenisnya, semua berebut untuk tempat mereka dalam kesadaran publik. Aliansi dibuat dan rusak dan membuat aliansi baru lagi, dan setiap transaksi mudah untuk disembunyikan.

“Percaya pada setiap masukan, tapi periksa validitasnya.” Ini adalah nasihat bagus untuk sebuah pemilihan calon di kota besar: karena ada begitu banyak bagian yang bergerak dalam politik kota besar, dan karena sangat mudah untuk menyembunyikan aliansi dan kesepakatan “dibawah meja”.

Bahkan pada orang kepercayaan, meskipun Anda percaya pada setiap masukannya, tapi jangan lupa untuk memeriksa apa yang mereka katakan atau sebelum Anda bertindak atau mengambil keputusan.

  1. Bertindak dengan Integritas
    Ini adalah nasihat yang baik bagi siapa pun yang mengejar jabatan publik, tetapi terutama sangat penting untuk diingat bagi pemilihan kota besar. Jika Anda bergerak dalam politik, bertindaklah dengan integritas. Ini berarti: katakan apa maksudmu menjadi kandidat, atau orang lain yang akan mengatakannya.

Bertindak dalam kepentingan publik, dan bukan untuk kepentingan pribadi semata. Jadilah orang prinsip.

 

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.