Bagaimana Cara Mempersiapkan Pidato Politik

Pidato PolitikPidato politik memberi kontribusi besar dalam strategi kampanye. Selama terlibat dalam politik, memberikan pidato politik merupakan hal yang tak terhindarkan. Kita semua tahu bahwa pemimpin sejarah terbesar (dari Julius Caesar, Abraham Lincoln, sampai Soekarno) terkenal karena kemampuan mereka dalam membangkitkan emosi orang banyak melaui kata-kata yang diucapkan dalam pidato mereka.

Tidak ada rumus pasti untuk pidato-pidato besar. Lincoln’s Gettysburg Address melawan aturan konvensional saat itu, bahwa pidato hebat harus memiliki durasi yang panjang, bahkan  berjam-jam. Namun Lincoln’s Gettysburg Address, memiliki durasi waktu kurang dari lima menit, dianggap banyak orang sebagai pidato terbesar yang pernah ada di tanah Amerika.

Efektivitas pidato tergantung pada banyak faktor, termasuk suasana hati orang banyak itu, kemampuan orator, situasi orang-orang yang dihadapi dan topik pidato.

Sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan pidato Anda. Berikut hal yang harus dipersiapkan untuk sebuah pidato politik yang hebat:

  1. Kenali Audiens
    Pastikan bahwa Anda tahu secara khusus mengenai pidato Anda sebelum Anda sampai di lokasi. Perhatikan time frame. Tidak ada yang lebih buruk daripada mempersiapkan untuk berbicara selama 10 menit, dan tiba di sebuah pidato di mana penonton mengharapkan Anda untuk berbicara selama satu jam.
    Jangan Luputkan tema. Tidak ada yang lebih mengerikan daripada mempersiapkan pidato tentang kesehatan anak dalam pertemuan ulama.
    Hal pertama yang harus dipersiapkan: Ketahui pada siapa Anda bicara, Apa yang mereka pedulikan, dan Berapa lama waktu yang diberikan pada Anda untuk bicara. Ajukan beberapa pertanyaan dasar: Apakah hanya Anda yang berpidato, atau apakah panel atau apakah aka nada sesi Tanya jawab.
  2. Kuasai Topik
    Tanyakan pada koordinator acara, topic acara tersebut. Pastikan Anda tahu topik acara tersebut, sehingga Anda dapat mempersiapkan pidato yang sesuai. Kemudian, pastikan pidato anda relevan dengan topik tersebut, dan jika melibatkan data, pastikan data telah diteliti dengan baik, sehingga valid.
  3. Berlatih
    Tidak perduli apakah ini pidato Anda yang pertama, atau pidato yang kesekian kali, berlatihlah sebelum berpidato. Bersiaplah untuk pertanyaan penonton, jangan biarkan pertanyaan penonton melempar Anda keluar arena.

Tujuan dari setiap pidato politik adalah persuasi – Anda ingin membawa audiens ke sudut pandang Anda. Itu bisa berarti meyakinkan mereka untuk memilih Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui “kerumunan” Audiens yang Anda hadapi dan topik Anda. Pastikan pesan Anda tertanam di benak audiens. Jadikan pidato yang hebat sebagai salah satu kunci dari strategi kampanye Anda.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.