Asosiasi Kepada DesaTuntut Pembayaran ADD Rp 2 Miliar

alokasi dana desaMAROS–Asosiasi Kepada Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Cabang Maros mendesak Pemkab Maros mencairkan dana Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 2 miliar yang sudah dijajikan pada pertemuan Kepala Desa dengan Sektda, Kadis Pengelolah dan Kadis PMD di Al Markas pada Awal Januari lalu.

Ketua Apdesi Kabupaten Maros, HA Asri mengatakan, kepala desa yang tergabung pada Apdesi meminta kepada pemerintah kabupaten mencairkan dana ADD yang dijanjikan pada awal bulan Februari ini. Namun memasuki pekan ke empat bulan Februari belum ada tanda-tanda akan ada pencairan dana ADD yang dijanjikan.

”Bila janji tersebut tidak dibuktikan dengan sangat terpaksa para kepala Desa, Staf Desa, Kadus dan masyarakat pendukung akan kami gerakan untuk melakukan unjuk rasa ke kantor DPRD dan Kantor Bupati Maros,” katanya.

Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan para kepala desa terhadap pemerintah yang telah menjanjikan dana ADD.

“Batas waktu kami menunggu hingga akhir bulan ini, dan bila tidak ada maka apa yang katakan pasti dibuktikan,”jelas Asri.

Untuk membuktikan hal tersebut, Apdesi Maros sudah membuat surat permintaan izin melakukan demonstrasi ke Polresta Maros. Bila pemerintah telah membuktikan janjinya maka rencana demontrasi dibatalkan karena apa yang menjadi tuntutan sudah direspon.

“Dana sebesar Rp 2 miliar lebih sebagai pembayaran tahap pertama yang dijanjikan Pemkab Maros kepada semua kepala Desa dan tahap berikutnya akan menyusul,”jelas Asri.

Ia menambahkan, dana ADD yang tertinggal dan belum dibayarkan mulai tahun anggaran 2007 Rp 3 miliar, tahun 2008 Rp 28, 7 miliar, tahun 2009 Rp 12 miliar ditambah pembayaran tunjangan aparat desa sebesar Rp 1, 8 miliar.

“Dana ADD yang belum dibayarkan ke tingkat desa selama tiga tahun berturut-turut sebesar Rp 24 Mr. Namun yang kami minta untuk saat ini hanya RP 2 milair karena dana sebesar itu cukup mendesak untuk dibayarakan kepada aparat di masing masing desa di Kabupaten Maros,”ungkap Asri. (sumber: berita kota makasar)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.