APBD Merauke Diestimasi Rp1, 058 Triliun

apbd meraukeMERAUKE – Rancangan APBD Kabupaten Merauke tahun 2010 akhirnya mulai dibahas oleh para Anggota DPRD Kabupaten Merauke, yang ditandai dengan penyerahan dokumen RAPBD oleh Bupati Merauke Drs Johanes Gluba Gebze, diterima Ketua DPRD Merauke Ir Leonardus Mahuze dalam pembukaan Sidang Paripurna DPRD Merauke masa sidang pertama, Selasa lalu.

Dari Rancangan APBD 2010 yang diajukan tersebut terungkap bahwa RAPBD Kabupaten Merauke diestimasi sebesar Rp1,058 triliun, ditambah sisa anggaran tahun 2009 yang diluncurkan di tahun 2010 sebesar Rp209 miliar lebih, sehingga total menjadi Rp1.267.000.000.000.

Bupati Merauke Drs Johanes Gluba Gebze saat menyampaikan pengantar nota keuangan tersebut mengungkapkan, dari estimasi anggaran tersebut diprioritaskan untuk membayar beban bawaan sebesar Rp200 miliar lebih (bukan Rp400 miliar, Red.).

Menurut bupati, perlu diketahui masyarakat bahwa beban ikutan tersebut adalah kegiatan-kegiatan yang sebagian besar sudah dinikmati oleh masyarakat penerima selama ini, seperti bantuan tiket, bantuan sepeda untuk pelajar, bantuan sosial, bantuan pengobatan orang sakit baik di Merauke maupun keluar Merauke, evakuasi jenazah yang meninggal dan sebagainya. “Seluruh data kami miliki untuk pertanggungjawaban bila dibutuhkan untuk verifikasi,” tandasnya.

Dijelaskan, meski di tahun 2010 ini anggaran mengalami kenaikan sebesar 26 persen dibanding tahun 2009, namun kebutuhan terus bertambah, sehingga tidak

pernah mengakomodir seluruh program yang direncanakan. Karena itu, anggaran yang ada tersebut diprioritaskan pada kegiatan yang mendesak dan menjadi prioritas.

Dari estimasi penerimaan anggaran 2010 itu lanjut bupati, akan digunakan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp 500 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 730 miliar.

Sementara itu, Ketua DPRD Merauke Ir Loenardus Mahuze mengatakan, mengingat kepemimpinan bupati dan wakil bupati akan berakhir 2010 ini, maka dewan dan pemerintah daerah berkomitmen untuk menyelesaikan semua beban bawaan kepada pihak ketiga. “Kebijaksanaan ini diambil agar kepemimpinan kepala daerah yang baru nanti akan lebih fokus program sesuai visi misinya,” tambah Leonardus Mahuze.

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.