Anggota Panwaslu Batam Tak Digaji 2 Bulan

panwasluBATAM – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Batam, Suryadi Prabu mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima anggaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kepri 2010 sebesar Rp4,4 miliar. Akibatnya, sejumlah rencana kerja dan program Panwaslu Batam terhambat.

“Hampir seluruh tahapan yang sudah kami agendakan tidak terealisasi,” kata Suryadi, saat ditemui di Kantor Panwaslu Batam, Selasa (16/2).

Gawatnya lagi, kata Suryadi, kabarnya anggaran untuk Panwaslu ini memang tidak masuk dalam pos khusus dalam APBD Kepri 2010. Sehingga alokasi anggaran sebesar Rp4,4 miliar tersebut masih abu-abu. Ini berbeda dengan anggaran untuk KPU yang memang ada alokasi khusus.

Suryadi menambahkan, sejumlah agenda Panwaslu Batam yang terhambat akibat tidak adanya dana tersebut antara lain program sosialisasi Pilkada, rapat koordinasi, bimbingan teknis hingga pembentukan petugas Panwaslu sampai level paling bawah.

Yang lebih memprihatinkan lagi, hingga saat ini 14 anggota Panwaslu Batam belum pernah menerima gaji. Padahal mereka sudah dilantik secara resmi per 12 Desember 2009.

“Ini benar-benar memprihatinkan,” kata Suryadi yang saat itu didampingi kedua anggotanya, Aminah Yahya dan Haryanto.

Menurut Haryanto, lambatnya pengucuran dana Pemilu ini merupakan upaya mengkebiri kinerja Panwaslu. Untuk itu, pihaknya telah melaporkan kasus tersebut ke Banwaslu Pusat yang nantinya akan diteruskan ke Menteri Dalam Ne-geri (Mendagri). “Nanti Mendagri yang akan menegur Pemda,” kata Haryanto.

Haryanto menambahkan, meski tanpa dana, Panwaslu Batam tetap bekerja semaksimal mungkin. Yang terbaru, Panwaslu Batam telah membentuk Panitia Pengawas Pemilih Tingkat Kecamatan atau Panwascam.

Baik Haryanto, Aminah dan Suryadi mengakui, kondisi serupa juga dialami oleh Panwaslu di seluruh kabupaten/kota se-Kepri. Namun menurut mereka, kondisi Batam lebih berat.

Karena selain memiliki karakter politik yang lebih keras, wilayah pengawasan Panwaslu Batam juga lebih besar karena hampi 60 persen daftar pemilih dalam Pilkada Kepri 2010 berada di Batam. (sumber: riaupos)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.