Amus Atkana : KPU Bukan Tim Sukses, Kepentingan Kami Sukses Pilkada

image_14_papuaaNilai anggaran penyelenggaraan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Papua Barat tahun 2017 mendatang memicu berbagai opini karena besaran nilai anggaran tersebut dirasa cukup fantastis.

Bahkan, santer diisukan bahwa anggaran pilkada tersebut sengaja dibengkakan karena KPU Provinsi memiliki kepentingan tertentu pada pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana membantah keras isu tersebut. Ia mengatakan, kepentingan KPU sebagai penyelenggara adalah sukses pilkada yang ditandai dengan lahirnya pemimpin daerah.

“Pemilu mulai dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten hingga penyelenggara terbawah adalah kepentingan kami sebagaimana diamanatkan di dalam Undang-undang adalah menyelenggarakan pemilu. Tidak ada kepentingan “angaran”. Jadi, kami menepis isu itu dan, KPU bukan tim sukses,” kata Amus, belum lama ini.

Amus menegaskan, anggaran pilkada yang diusulkan awal sebesar Rp.612 miliar namun terkoreksi lagi menjadi Rp 549 miliar. “Kami membuka diri untuk membahas anggaran, kami legowo untuk dikoreksi. Ini menandakan bahwa, kami tidak ada kepentingan lain,” ujarnya.

Dia mempertanyakan kepentingan seperti apa yang dilontarkan oleh para pihak yang meragukan independensi KPU dalam menyelenggarakan pilkada tahun 2017 mendatang.

“Kalau ada kepentingan, anggaran yang diusulkan tidak usah dibahas. Pemerintah tinggal menyetujui saja langsung. Kami ketemu pemerintah Sembilan kali dan membahasnya secara terbuka dua kali. Jadi, kalau bilang ada kepentingan, dimana kepentingan kami,” pungkasnya.

Sekretaris KPU, Thamrin Payapo mengatakan, KPU memiliki kepentingan besar dalam pelaksanaan pilkada yakni, sukses penyelenggaraan pemilu.

“Kami punya kepentingan adalah sukses pilkada. Kepentingan itu dengan menyusun postur anggaran sesuai ketentuan aturan. Kami tidak punya kepentingan dalam artian negative. Tidak ada itu,” ujar dia.

Thamrin menambahkan, KPU tidak bisa mengarangan dalam penyusunan anggaran serta harga kebutuhan . “Betul-betul anggaran ini disusun sesuai ketentuan aturan sehingga kita mendapatkan angka yang jelas,” pungkasnya

 

sumber : http://www.cahayapapua.com/amus-atkana-kpu-bukan-tim-sukses-kepentingan-sukses-pilkada/

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.