Aburizal Bakrie Dukung Renegosiasi Freeport

golkarKetua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie menyatakan, Partai Golkar mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk memproses renegosiasi kontrak karya. Hal ini agar kekayaan alam yang ada, bisa langsung dirasakan rakyat. Karena itu, komitmen pemerintah untuk menegakkan asas kedaulatan dan berkeadilan sumber daya alam harus direalisasikan.

’’Namun, pemerintah juga harus berhati-hati dan tidak bisa menggeneralisasi semua kontrak investasi pertambangan untuk direnegosiasikan. Paling tidak, harus ada syarat yang harus dipenuhi sebelum kontrak dikaji ulang. Minimal payung hukumnya kuat, sehingga pemerintah tidak salah langkah di mana kemudian hari bisa menimbulkan gugatan,’’ kata Ical selaku keynote speaker dalam diskusi publik Pengelolaan Sektor Minerba dan Kelistrikan Nasional di DPP Partai Golkar di Slipi, Jumat (7/10).

Dijelaskan Ical, renegosiasi kontrak karya bukan berarti menasionalisasikan seratus persen segala bentuk investasi asing di sektor pertambangan maupun migas. Tapi, memberikan porsi kepada perusahaan nasional, baik BUMN maupun swasta untuk lebih kompetitif dan bonafit secara bisnis. ’’Dalam proses renegosiasi kontrak karya tersebut, poin lebih penting adalah bagaimana tata kelola investasi di sektor pertambangan saat ini bisa lebih adil, transparan dan dapat diaudit dengan memberikan keuntungan bagi negara secara signifikan,’’ ujar dia.

Menurutnya, yang menjadi perhatian Golkar adalah acuan yang digunakan pemerintah dalam rangka proses renegosiasi kontrak karya kepada perusahaan pertambangan nasional maupun asing bahwa kontrak karya tidak lagi bersifat lex specialist dan nail down sejak diberlakukannya UU No.4/2009. Karena itu, bidang Energi dan SDA Partai Golkar harus mengkaji kembali pasal-pasal dalam UU Minerba dalam rangka penyempurnaan ke depan. Golkar mendukung sepenuhnya proses renegosiasi. ’’Jika tidak akan berpotensi merugikan negara dalam jangka panjang dan melanggar peraturan perundang-undangan yang telah disepakati antara pemerintah dan DPR karena penundaan ini telah melebihi batas satu tahun sebagaimana ditetapkan UU Minerba,’’ tegas dia. (sumber: jpnn)

Filed Under: Nasional

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.