5 Tips untuk Merekrut Relawan Politik

relawan kampanye alias volunteers

Mendapatkan relawan untuk kampanye politik merupakan suatu hal yang sulit. Tiap orang memiliki kesibukan masing-masing, urusan bisnis, bermain sepakbola, maupun urusan keluarga. Orang sering tidak punya waktu untuk menjadi sukarelawan dalam kampanye politik.

Jangan putus asa! Meskipun sulit, memperoleh relawan untuk kampanye politik tetap dapat dilakukan. Untuk merekrut relawan, Anda harus memiliki rencana dan merekrut dengan cerdas. Berikut adalah lima tips untuk membantu Anda mendapatkan relawan yang Anda butuhkan untuk memenangkan kampanye:

  1. Merekrut di Dalam Kampus
    Dalam banyak hal, kampus perguruan tinggi adalah tempat yang ideal untuk mencari relawan. Sebagian besar mahasiswa memiliki waktu luang separuh dari hari mereka. Temukan mahasiswa yang energik. Ditambah lagi kenyataan bahwa jurusan ilmu politik hampir selalu mencari pengalaman politik praktis, dan Anda dapat melihat mengapa kampus merupakan tempat yang ideal untuk merekrut.
    Cara rekrutmen di kampus dapat dilakukan dengan menggandeng organisasi kampus. Bisa juga dengan menggelar sebuah stand pendaftaran relawan. Anda akan terkejut berapa banyak siswa dengan senang hati akan mendaftar di meja untuk bekerja pada kampanye Anda. Kemungkinan lainnya adalah dengan menghubungi departemen ilmu politik dan menawarkan magang pada kampanye Anda.
  2. Organisir
    Seperti halnya dengan setiap segi promosi Anda, mulai dari suatu organisasi dapat menjadi kunci untuk merekrut sejumlah besar relawan.  Idenya adalah merekrut beberapa relawan dan kemudian meminta mereka untuk memperbanyak diri. Berikut adalah tahapannya:
    Mulailah dengan merekrut koordinator di masing-masing sejumlah wilayah geografis dan / atau “kelompok” koordinator, seperti koordinator warga negara senior, seorang koordinator kelompok bisnis, dll. Tetapkan tujuan untuk masing-masing koordinator: mintalah masing-masing untuk menemukan 3, 5 , atau 10 relawan di daerah mereka untuk menjadi relawan kampanye. Koordinator ini dapat bertanggung jawab untuk mengkoordinir relawan dalam “downline mereka”. Demikian seterusnya, tugas para relawan baru ini selain membantu kampanye Anda, adalah juga untuk membantu menemukan lain 3, 5, atau 10 relawan untuk direkrut.
  3. Mulai dari Teman dan Keluarga
    Sumber paling baik bagi relawan kampanye adalah teman, keluarga, dan kolega dari sang calon. Orang-orang ini tahu calon secara personal dan mereka mempercayainya. Tidak peduli betapa sibuknya mereka, mereka kemungkinan besar akan setuju untuk membantu calon menang. Karena itulah panggilan pertama Anda untuk merekrut relawan harus selalu pergi ke jaringan pribadi kandidat.
  4. Beri Peran dan Apresiasi
    Salah satu dosa dalam mengorganisir relawan adalah memiliki relawan tapi tidak memberi mereka hubungan. Relawan yang merasa tidak bisa memberi kontribusi lambat laun akan berhenti datang ke posko dan akhirnya berhenti menjadi relawan. Beri setiap relawan Anda peran, meski kecil, dan jangan lupa untuk mengapresiasi setiap kerja relawan.
    Ciptakan suasana yang nyaman bagi relawan, karena mempertahankan relawan yang sudah diperoleh bisa jadi lebih sulit daripada mencari relawan baru.

Merekrut relawan politik tidak mudah, tapi bisa dilakukan. Gunakan saran dalam artikel ini untuk membantu Anda mengembangkan jaringan relawan sendiri. Dan pastikan setiap relawan diperlakukan dengan baik. Karena Relawan yang Anda rekrut sekarang merupakan aset yang akan membantu Anda terpilih kembali di periode berikutnya.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.