5 Tips Menjadi Manajer Kampanye Politik Yang Hebat

manajer kampanye politik yang hebatMenjadi seorang manajer kampanye politik bukanlah pekerjaan mudah. Di satu sisi, Anda harus berurusan dengan calon, yang tidak lebih pandai dari staf tentang aspek teknis dari menjalankan kampanye, sementara calon bersangkutan masih saja suka menolak keputusan staf dan konsultan.

Di sisi lain, Anda harus berurusan dengan staf kampanye, yang biasanya kurang bayar, terlalu banyak bekerja dalam lingkungan bertekananan tinggi dari kampanye politik.

Berikut adalah lima tips tentang bagaimana menjadi seorang manajer kampanye yang hebat:

1. Jadilah seorang Politikus
Kandidat bukanlah satu-satunya orang dalam kampanye yang perlu menjadi politisi. Manajer kampanye juga harus dibekali keterampilan yang sama agar kampanye dapat berjalan dengan efisien dalam mencapai kesuksesan. Manajer yang baik harus bisa mengakomodir banyak kepentingan. Kemampuan untuk melakukannya dengan anggun dan penuh percaya diri, dan mengendalikan kampanye ke arah yang semestinya, adalah tanda nyata dari kampanye profesional.

2. Jalankan Kampanye seperti Bisnis
Memperlakukan kampanye politik sebagaimana layaknya hobi mahal yang seolah-olah non profit adalah sebuah kesalahan besar. Terlalu banyak kampanye politik goyah karena mereka tidak berjalan seperti bisnis. Kampanye terbaik dijalankan seperti perusahaan yang efisien. Mengawasi anggaran. Membuat keputusan cerdas biaya atas manfaat dan kembali melacak investasi. Melatih staf mengelola usaha mereka menggunakan azas outcomes-based.

3. Fokus pada Sistem
Tip ini sejalan dengan tips nomor 2, Manajer Kampanye harus hanya berfungsi sebagai manajer. Manajer bisnis profesional tidak melakukan semua pekerjaan, dan tidak menghabiskan seluruh waktu mereka pada aspek-aspek teknis dari bisnis mereka. Sebaliknya, mereka fokus pada pengaturan sistem terukur yang dapat diterapkan oleh para staf untuk menuju keberhasilan.

4. Menjadi Pengusaha Politik
Pengusaha adalah orang-orang yang memiliki visi besar, memikirkan rencana untuk ke sana, dan kemudian melaksanakan rencana itu. Banyak orang memiliki visi besar, tetapi tidak tahu bagaimana menuju ke sana. Orang lain dapat menulis rencana, tetapi tidak dapat menerapkannya. Pengusaha bisa melakukan ketiga hal tersebut. Sering kali, keahlian ini dipelajari melalui praktek dan disiplin. Para manajer kampanye terbaik dalam bisnis ini adalah pengusaha yang benar – mereka dapat melemparkan sebuah visi besar untuk kampanye, menulis rencana untuk mencapai visi tersebut, dan kemudian mengelola implementasi rencana itu.

5. Membangun Base
Setiap kampanye memiliki berbagai faksi dan kesetiaan. Pengelompokan ini terjadi antara staf, kelompok relawan, donor, dan bahkan keluarga kandidat. Ada kelompok yang akan menganjurkan untuk satu ide atau taktik atau lainnya, yang berdebat tentang pesan dan strategi, sementara kelompok lain tidak setuju. Sebagai manajer kampanye, Anda harus yakin untuk tenang dan jelas membangun basis dukungan.

Anda melakukan ini bukan untuk menimbulkan ancaman bagi kandidat Anda atau kelompok lain. Tetapi ketika suatu saat datang masalah atau tekanan, Anda memiliki kelompok pendukung antara teman-teman kandidat, donor, dan konsultan yang akan mendukung pandangan Anda.

Menjadi seorang manajer kampanye tidak mudah … Tidak peduli seberapa besar ukuran kampanye, manajer kampanye merupakan posisi yang menantang dan sulit. Ikuti lima tips dan Anda juga dapat bergabung dengan barisan para manajer kampanye terbaik dalam bisnis ini. Selalu rencanakan dan jalankan strategi kampanye terbaik untuk menang.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.