5 Rahasia Sukses Organisasi Akar Rumput

massa akar rumputEntah itu untuk keperluan organisasi partai politik, maupun untuk kepentingan kampanye politik. Masyarakat akar rumput merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kancah politik. Setiap orang yang terlibat dalam politik pasti juga pernah terlibat dengan masyarakat akar rumput. Membangun masyarakat akar rumput merupakan hal tak terhindarkan bagi siapa saja yang terlibat kegiatan politik. Karena itu manajemen organisasi masyarakat akar rumput sangat diperlukan.

Sangat sedikit organisasi-organisasi akar rumput yang “cukup sukses”. Organisasi akar rumput yang sukses, sebenarnya cukup mudah untuk dikenali. Pertama: mereka punya banyak anggota/relawan. Dan kedua, mereka sudah punya semacam “trade mark” yang melekat sebagai identitas mereka.

Berikut cara sukses mengorganisasi akar rumput:

  1. Rencana yang jelas
    Sebuah keberhasilan selalu diawali dengan rencana yang berhasil. Demikian juga organisasi akar rumput yang sukses diawali dengan rencana yang dipikirkan dengan baik. Rencana itu harus dituangkan secara tertulis, sehingga setiap lini dapat mendukung terwujudnya rencana.

  2. Hirarki
    Kelompok akar rumput tanpa hirarki, biasanya akan berubah menjadi anarki. Mungkin ini tampak berlawanan untuk sebuah organisasi akar rumput, tetapi kelompok akan membutuhkan struktur kepemimpinan dengan tanggung jawab yang ditetapkan jika ingin berhasil di tingkat yang sangat tinggi.

  3. Membangun  Merk
    Organisasi akar rumput yang paling sukses, dikenali oleh Merk  mereka (termasuk logo mereka, pesan mereka, dan juru bicara). Kelompok Anda membutuhkan tampilan yang konsisten untuk materi pemasaran, logo, dan pesan yang konsisten. Selain itu juga dibutuhkan satu atau lebih orang yang pandai menjadi juru bicara menghadapi pers.

  4. Gunakan Setiap Media Kampanye
    Organisasi akar rumput yang baik akan menggunakan semua media kampanye  yang mereka miliki untuk menyampaikan pesan mereka kepada publik. Beberapa tool yang dapat digunakan diantaranya: press release, situs web, kegiatan sosial, kampanye pintu ke pintu, pendekatan ormas dan komunitas, dll. Tulis rencana Anda, gunakan teknik yang berbeda, buat suara Anda didengar untuk akhirnya Anda dapat mendulang suara.

  5. Selalu Perbarui Cara Pandang
    Salah satu penyebab sebuah organisasi tidak tumbuh besar adalah karena mereka menjadi picik. Mereka memiliki sudut pandang yang itu-itu saja, sudah merasa mapan dengan kondisi yang sekarang. Organisasi tidak akan pernah menjadi besar dan memiliki pengaruh dengan menggunakan mentalitas ini. Selalu lakukan penyegaran, sehingga setiap orang yang ada di organisasi Anda selalu memiliki cara pandang baru.

Organisasi akar rumput adalah alat yang hebat dalam mendukung organisasi partai, dan juga mendukung kampanye politik. Namun sebaliknya, akar rumput akan menjadi gudang masalah jika tidak diorganisir dengan baik. Lima rahasia diatas, akan membantu Anda membangun organisasi akar rumput yang kuat dan berkelanjutan.

Related Blogs

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.