5 Kecamatan di Gorontalo Deklarasi Jadi Kabupaten

pemekaran kabupatenPemekaran wilayah yang sempat dianjurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono agar dihindari, ternyata terus didesakkan. Kali ini, hasrat pemekaan itu terjadi di Kabupaten Gorontalo yang provinsinya, Gorontalo, juga terhitung wilayah baru.

Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Senin (24/5/2010) mengaku siap melepaskan lima kecamatan untuk menjadi Kabupaten Panipi Raya. Kelima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Batudaa, Batudaa Pantai, Bongomeme, Tabongo, dan Biluhu.

David memberi dukungan positif terhadap deklarasi pemekaran Kabupaten Panipi Raya itu. “Tapi, jangan sampai hal ini hanya berakhir pada deklarasi semata, semua pihak harus berupaya mendukung percepatan dari pemekaran Kabupaten Panipi Raya,” ungkapnya.

Bahkan David mengaku siap mendukung pemekaran kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Gorontalo yang ingin menjadi daerah otonom sebagai sebuah Kabupaten. “Jangankan satu kecamatan, 17 kecamatan di Kabupaten Gorontalo sekalipun yang ingin menjadi kabupaten, saya pasti siap mendukung,” ujarnya.

Namun dukungan ini diberikan sepanjang tujuan pemekaran wilayah untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat, bukan didasari pada kepentingan politik semata. “Pemekaran dilakukan untuk kepentingan rakyat, bukan karena kepentingan politik, apalagi untuk membagi-bagikan kekuasaan,” tegasnya. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.