4 Tips Untuk Kampanye Politik

rapat tim sukses kampanyeKebanyakan orang sudah bersiap untuk menjelang pemilihan, baik itu pemilihan yang tinggal beberapa bulan lagi, maupun pemilihan yang masih beberapa tahun ke depan. Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya tentang kapan saat tepat untuk memulai kampanye, bahwa kampanye yang baik dimulai dimulai tepat setelah pemilihan sebelumnya berakhir. Baik itu Anda yang menjalankan untuk kursi terbuka, menantang incumbent, maupun Anda incumbent yang ingin terpilih lagi, sekarang adalah waktu untuk memulai kampanye.

Berikut saya sajikan 4 tips penting untuk kampanye politik. Jika Anda sedang atau berencana menjalankan kampanye, gunakan tips ini untuk memulai:

1. Tahu Cara Menang
Jika Anda ingin memenangkan sebuah pemilihan, maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk menang. Tentu saja untuk memenangkan pemilihan anda harus mengumpulkan 60% suara pemilih.

Langkah pertama adalah meraih popularitas, Anda harus populer, dikenal banyak orang, untuk itu dibutuhkan langkah promosi yang tepat. setelah populer, langkah kedua, Anda harus mampu meraih hati sebanyak mungkin orang. Selanjutnya orang-orang yang mengenal Anda, orang-orang yang berhasil Anda sentuh hatinya, konversikan menjadi suara pemilih untuk mendukung kemenangan Anda.

Lakukan beberapa studi, cari tahu apa yang membuat berhasil, dan apa yang membuat gagal dari beberapa pemilihan di beberapa daerah. Jangan lupa untuk bertukar pikiran dengan mereka yang sudah senior di dunia politik, dan belajarlah dari mereka.

2. Tulis Rencana Kampanye
Kemungkinannya adalah, Anda tidak akan menang pemilu jika tidak memiliki rencana kampanye tertulis. Anda bisa saja menang tanpa rencana, tapi itu hanyalah keberuntungan semata. Dalam bidang apapun selama didalamnya ada faktor kompetisi, maka HARUS ada rencana didalamnya. Jika tidak, Anda hanya akan mengandalkan keberuntungan semata. Rencana Kampanye yang Ditulis Secara Profesional Membantu Anda Menang Pemilihan.

Rencana Anda tidak harus menjadi sebuah novel. Anda tidak perlu menulis 300 halaman panduan strategi yang menguraikan setiap orang yang akan membantu Anda dan setiap peristiwa. Rencana itu cukup meliputi sketsa strategi utama Anda: penggalangan dana, komunikasi, akar rumput. Pikirkan time frame kampanye Anda, anggaran, dan kontak Anda. Tuliskanlah sekarang, sebelum Anda masuk ke medan pertempuran yang panas membara.

3. Bentuk Tim
Tidak ada kemenangan yang diraih seorang diri, Anda pasti butuh bantuan dari berbagai pihak. Kebanyakan calon membutuhkan bantuan dana, tim untuk kampanye door to door, orang untuk menempel poster, spanduk, sign board, dll. Anda mungkin perlu staf kantor kampanye. Anda mungkin harus memiliki manajer kampanye, bahkan jika orang itu hanya seorang sukarelawan. Mulai kumpulkan tim Anda sekarang… Dapatkan input dari mereka pada rencana Anda, berikan mereka tugas untuk menyelesaikan, membuat mereka berkomitmen dan mulai segera.

4. Mulai Fundraising Anda
Ini benar-benar tidak pernah terlalu dini untuk mulai penggalangan dana. Apakah Anda membutuhkan 500 juta atau 5 milliard untuk memenangkan pemilihan, penting bahwa Anda mulai meningkatkan jumlah tersebut sedini mungkin. Setelah masuk ke dalam medan panas musim pemilu, Anda akan memiliki banyak hal untuk dilakukan…

Waktu terbaik untuk memulai penggalangan dana adalah sekarang. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan keluarga, teman, tetangga dan rekan… Mereka yang tahu Anda yang terbaik. Katakan kepada mereka, bahwa Anda berencana untuk menjalankan kampanye dan mengapa, dan buat mereka untuk berinvestasi dalam kampanye Anda. Lebih lengkapnya silakan baca: Bagaimana Melakukan Penggalangan Dana Kampanye.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.