3 Prinsip Dasar Desain Strategi Kampanye

Desain strategi kampanye memiliki banyak kesamaan dengan desain iklan bisnis (iklan komersial). Ketika Anda mengelola sebuah kantor, Anda harus membuat banyak keputusan desain untuk banyak item yang berbeda. Demikian juga ketika Anda mengelola sebuah kampanye politik.

Berikut adalah tiga prinsip dasar yang perlu diingat ketika membuat desain kampanye politik Anda:

  1. Menerobos Clustter
    Sulit untuk mengatakan, tapi kebanyakan orang tidak peduli tentang kampanye/iklan. Kebanyakan orang hanya melihat billboard/Baliho atau iklan TV/radio dan segera melupakan.
    Agar pesan kampanye Anda dapat terlihat, Anda perlu merancang komunikasi politik untuk mendapatkan pengaruh yang maksimal. Dan Anda harus bisa membuat nama dan citra yang sedang Anda bangun, menjadi mudah untuk diingat. Untuk melakukannya, pastikan NAMA Anda, dan PESAN kampanye tercetak jelas pada setiap materi kampanye. Pastikan juga bahwa brosur, poster, dan lain-lain yang MUDAH DIBACA, dengan banyak informasi utama, gambar, dan ruang jeda.
  2. Menjadi Konsisten
    Selama kampanye, orang akan mulai tahu desain kampanye politik apa yang Anda perlihatkan. Mereka akan mengenali skema warna, logo, font dan frase. Dalam kampanye yang lebih besar, yang menghabiskan banyak uang, para pemilih akan benar-benar tahu tanpa pernah membacanya. Mereka mungkin tidak sengaja melihat sebuah poster, dan melihat bahwa itu adalah warna A dengan logo warna B, dan tahu ini dari Anda untuk Pilkada.
    Dalam rangka untuk memiliki semacam pengakuan dari para pemilih, Anda harus memastikan bahwa desain politik Anda secara konsisten menggunakan warna yang sama, huruf dan logo pada semua materi cetak. Dan yang paling esensial adalah mengandung pesan tertentu yang terus dijaga konsistensinya. Dan semua itu terikat jadi satu pada desain poster, baliho, situs web Anda , iklan TV, dan semua kampanye Anda lakukan. Konsistensi membuat kampanye lebih mudah diingat oleh para pemilih.
  3. Berpikir Diluar Kotak, Tapi Jangan Lupa “Kulitnya” Sebagian besar kampanye politik adalah membosankan, bisa jadi sangat membosankan. Dan sebagian besar pekerjaan desain kampanye sama membosankan (dan melelahkan). Salah satu cara untuk mendapatkan “tanda-tanda” adalah melangkah di luar kotak dan mendapatkan ide kreatif dengan desain politik anda. Cobalah warna yang berbeda, gunakan website yang inovatif, cobalah media komunikasi baru. (Sudahkan Anda mencoba media souvenir yang unik? Sudahkah memanfaatkan jejaring sosial sebagai bagian integral dari strategi kampanye Anda?)
  4. Melakukan sesuatu yang berbeda, Anda bisa mendapatkan perhatikan, tapi jangan terlalu “gila”. Orang perlu percaya para pemimpin politik mereka, dan mereka cenderung menghindar dari setiap calon yang tampaknya terlalu jauh dari mainstream. Misalnya dengan menggunakan warna yang lazim dipakai. Menggunakan warna pink mungkin akan menjadi suatu kesalahan (tapi kita tidak pernah tahu!).

Desain politik yang besar bahkan mungkin bagi kampanye terkecil. Hanya membutuhkan kesabaran, sedikit kreativitas, dan mencermati konsistensi dan gaya.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.