3 Cara Murah Menyuarakan Pesan Kampanye

kunci menang pilkadaSebagian besar uang kampanye politik dihabiskan untuk mengkomunikasikan pesan kepada para pemilih. Karena pemilih yang akan membuat keputusan pada hari pemilihan, maka komunikasi dengan pemilih adalah hal paling penting dalam kampanye politik. Suatu hal yang lumrah bila kampanye menghabiskan sebagian besar anggaran untuk berkomunikasi dengan para pemilih.
Iklan TV, iklan radio, dan surat langsung merupakan media komunikasi yang paling valid. Namun celakanya, ketiga cara tersebut merupakan cara yang paling mahal untuk berkomunikasi dengan pemilih. Dengan demikian kandidat “kecil” yang tidak punya cukup dana akan kehilangan peluang untuk bisa berkomunikasi dengan efektif dengan pemilih.
Namun demikian kandidat “kecil” tidak perlu patah arang, berikut tiga cara murah untuk menyampaikan pesan politik Anda kepada pemilih:

1. Online

Sebenarnya, untuk kampanye politik, situs web kampanye, kampanye pemasaran e-mail, dan situs jejaring sosial harus berfungsi sebagai kaca pembesar untuk semua kegiatann kandidat
Kampanye yang cerdas akan memanfaatkan aktifitas online mereka dan kehadiran media sosial untuk membuat orang lebih banyak hadir di kampanye mereka, menemukan lebih banyak relawan untuk usaha penjangkauan mereka, dengan cepat menyiarkan berita yang baik dan menanggapi serangan, dan bisa juga aktifitas online untuk penggalangan dana.
Dengan kata lain, kehadiran online harus memperbesar apa yang kandidat sudah lakukan di kegiatan offline, dan menambahkan beberapa peluang baru yang secara ketat online. (Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik: Jurus Jitu Stategi Kampanye Lewat Internet )

2. Organisasi Akar Rumput
Begitu Anda membangun satu organisasi akar rumput, apa yang harus Anda lakukan dengan itu? Salah satu manfaat pasukan akar rumput adalah Anda dapat menyampaikan pesan Anda kepada pemilih dengan murah. Relawan Anda, tokoh setempat, pemimpin lingkungan, merupakan sumber daya untuk menyebarkan pesan kampanye lebih jauh dan lebih luas.
Anda dapat mengadakan pertemuan dengan para pemimpin akar rumput lokal, melakukan perjalanan safari, menyelenggarakan sebuah acara, atau pergi dari pintu ke pintu. Rencanakan untuk bertemu dengan para tokoh lokal, pemimpin lokal. Pastikan mereka paham benar akan pesan kampanye politik Anda. Adakan sesi pelatihan, buat mereka kompeten, dan kemudian kirim mereka keluar untuk menyebarkan berita. (Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca: Rahasia sukses organisasi akar rumput )

3. Press Coverage
Ketika kampanye lokal memikirkan Press Release, atau untuk mendapatkan liputan pers, yang terlintas di benak adalah stasiun televisi nasional
Untuk kampanye lokal, mendapatkan liputan pers bukan tentang bagaimana masuk ke media besar nasional. Ini tentang masuk ke koran lokal Anda, dan media lokal lainnya baik radio lokal, maupun televisi lokal.
Mendapatkan liputan pers merupakan cara terbaik untuk menyebarkan pesan Anda, secara gratis. Luangkan waktu untuk mengenal wartawan lokal. Mengirimkan siaran pers. Tulis artikel tentang isu-isu penting untuk koran lokal. Panggilan untuk berbicara di radio. Upaya seperti ini biasanya mulai lambat, tapi benar-benar bisa sepadan pada akhirnya.
Jika Anda memanfaatkan ketiga cara tersebut secara maksimal, Anda akan terkejut dengan hasilnya. Pesan kampanye politik Anda akan sampai pada pemilih. Komunikasi politik dengan pemilih akan jauh lebih efektif. Dan strategi kampanye yang Anda susun dapat menjadi lebih tajam.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.