22 Agustus, DPT Pilkada Mentawai Diumumkan

daftar pemilihKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat akan mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum kepala daerah (pilkada) periode 2011-2016 pada 22 Agustus 2011.

“Tahapan yang dilakukan saat ini adalah melakukan pemutakhiran data pemilih di 10 kecamatan bersama PPK (panitia pemilihan kecamatan), PPS (panitia pemungutan suara) dan PPDP (panitia kemutakhiran data pemilih),” kata Ketua KPU Mentawai Bastian Sirirui kepada ANTARA di Medan, Kemarin.

Pemutakhiran data itu, kata dia, dilakukan sejak diterimanya daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Pemerintah Kabupaten Mentawai pada 13 Mei 2011.

Kemudian, berdasarkan DP4 tersebut akan disusun DPT setelah dilakukan pemutakhiran data pemilih dengan peninjauan ke 10 kecamatan di Bumi Sikkerei tersebut.

Menurut Bastian, pendataan penduduk dilakukan bersama 129 anggota PPS di kecamatan Pagai Selatan, Pagai Utara, Sikakap, Sipora Selatan, Sipora Utara, Siberut Selatan, Siberut Tengah, Siberut Utara, Siberut Barat, dan Siberut Barat Daya.

“Saat ini kami melakukan pemutakhiran data pemilih di Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat Daya serta memantau untuk memastikan DPS diumumkan oleh PPS dan PPDP di tempat-tempat strategis,” katanya.

Sebelumnya, KPU Mentawai mengumumkan DPS pilkada sebanyak 47.112 pemilih yang diumumkan pada 2 Agustus 2011. Diperkirakan pemilih ini masih akan bertambah.

Menurut Bastian, pihaknya belum bisa memastikan jumlah pemilih tambahan termasuk pemilih pemula karena data pemilih tersebut masih berada di tingkat PPS.

Ia juga mengimbau masyarakat agar dapat ikut memantau dan mengawasi pelaksanaan pemutakhiran data yang dilakukan, sehingga setelah DPT nanti ditetapkan tidak ada lagi warga masyarakat yang telah memenuhi syarat tidak terdaftar sebagai pemilih.

“Kalau ditemukan kejanggalan-kejanggalan dalam pelaksanaan pemutakhiran data ini, kami berharap masyarakat dapat segera melaporkan ke KPU, PPK atau PPS setempat, sehingga kita semua dapat menyelenggarakan tahapan pilkada secara maksimal,” ujarnya. (sumber: antara)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.