10 Langkah Sukses Event Penggalangan Dana

menghitung uang dana anggaranAcara penggalangan dana merupakan komponen kunci dari setiap kampanye politik. Seperti kampanye itu sendiri, keberhasilan acara penggalangan dana ini tergantung pada perencanaan yang cermat. Untuk membantu Anda memastikan bahwa acara penggalangan dana politik Anda berada pada jalur yang tepat, berikut adalah sepuluh komponen utama yang harus Anda perhatikan dalam mendesain rencana penggalangan dana:

1. Tujuan
Sebelum melakukan hal lain, Anda harus memutuskan apa tujuan dari acara Anda. Apakah ini benar-benar sebuah acara penggalangan dana? Atau apakah itu memiliki tujuan-tujuan lain? Kampanye Anda mungkin berharap untuk mengumpulkan uang pada acara tersebut, namun fungsi utama dari acara ini adalah untuk mendapatkan publisitas, atau menjangkau ke koalisi baru. Banyak peristiwa politik memiliki lebih dari satu gol.

2. Target Dana Terkumpul
Dalam hubungannya dengan kandidat, manajer kampanye, atau anggota kunci lain dari kampanye, Anda harus memutuskan jumlah uang yang Anda targetkan untuk didapatkan dari acara tersebut. Jika ini benar-benar sebuah acara penggalangan dana, maka segala sesuatu dalam rencana acara akan diarahkan untuk meningkatkan jumlah dana yang berhasil dikumpulkan. Jumlah yang Anda targetkan harus berupa nominal bersih, yaitu jumlah total setelah dikurangi biaya.

3. Anggaran Biaya
Setiap rencana harus merinci dana anggaran yang lengkap dari daftar semua biaya yang akan dibutuhkan untuk mengadakan acara. Anggaran Anda harus mencakup staf, undangan, sewa ruang, katering, hiburan, transportasi, keamanan, utilitas, dan hal lain yang akan dibutuhkan untuk membuat acara sukses. Anggaran Anda harus mempertimbangkan tujuan penggalangan dana Anda, pastikan bahwa anggaran biaya yang akan Anda keluarkan untuk penyelenggaraan lebih kecil dari dana yang akan berhasil Anda kumpulkan. Dengan demikian Anda memiliki selisih yang cukup untuk Anda masukkan dalam kantong dana kampanye Anda. Pastikan untuk meninggalkan ruang ekstra dalam anggaran Anda untuk biaya tak terduga.

4. Kepemimpinan
Sebagai bagian dari upaya penggalangan dana Anda, acara Anda kemungkinan besar akan memiliki “komite host” dan satu atau lebih orang-orang yang bertanggung jawab dan berkontribusi dalam jumlah besar untuk acara tersebut dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Komite host umumnya terdiri dari donor kaya, pemimpin bisnis, atau selebriti politik lokal. Komite host dan ketua tidak bertanggung jawab untuk benar-benar menjalankan acara tersebut, namun merupakan bagian integral untuk memastikan bahwa Anda mencapai tujuan penggalangan dana Anda. Kampanye Anda harus menunjuk seorang direktur dan staf acara acara / sukarelawan untuk mengatur acara tersebut.

5. Target Pemirsa
Siapa target audiens untuk acara Anda? Apakah ini pengumpulan dana umum di mana setiap orang akan diundang? Atau ini acara diarahkan kelompok tertentu seperti orang-orang bisnis, orang tua, atau pro-lifers? Singkatnya, Anda harus memutuskan siapa yang akan Anda undang ke acara Anda.

6. Set Up Teknis Acara
Staf acara Anda harus merencanakan teknis acara secara detail. Set-up mencakup semua keterangan dari kejadian sebenarnya: Di mana acara akan berlangsung? Apakah menu yang akan dihidangkan? Apakah akan ada hiburan? Apa jenis pakaian akan dibutuhkan? Apa jadwal untuk acara tersebut? Dan semua hal teknis lain secara detail.

7. Pemasaran
Sama seperti produk baru, acara anda perlu secara agresif dipasarkan untuk audiens target Anda. Anda perlu meyakinkan pendukung kampanye bahwa acara tersebut layak diikuti. Buatlah rencana pemasaran seluruh untuk acara tersebut. Kemungkinan metode pemsarannya meliputi: undangan, direct mail, telepon, dari mulut ke mulut, media lokal, website dan jejaring sosial.

8. Penjualan
Setelah Anda memasarkan acara anda, harus ada prosedur di tempat untuk membuat penjualan tiket yang sebenarnya, atau menerima sumbangan untuk acara tersebut. Anda harus memutuskan apakah akan ada tingkat kontribusi yang berbeda untuk acara. Biaya tiket akan dibuat flat, atau dibuat bertingkat berdasar kelas dari kelas reguler ke VVIP masing-masing dengan biaya dan fasilitas yang berbeda. Anda harus memutuskan siapa yang akan menjual tiket, bagaimana mereka akan disampaikan, dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk mengatur informasi yang masuk.

9. Praktek
Meskipun Anda mungkin tidak perlu lari pontang-panting sepanjant acara, adalah sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dapat bekerja secara profesional. Bahwa setiap orang yang bekerja dalam acara tersebut tahu, apa tanggung jawab mereka, di mana mereka harus berada selama acara, dan bagaimana acara ini akan “mengalir.”

10. Terima Kasih
Salah satu keluhan yang paling sering terdengar dari para kontributor untuk kampanye politik, “Mereka bahkan tidak pernah mengatakan ‘terima kasih’.” Ditto untuk relawan kampanye. Pastikan bahwa kampanye Anda menyisihkan waktu untuk mengirim ucapan terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam acara Anda, termasuk kontributor, staf relawan, dan vendor.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.